Terus Merangkak Naik, Jumlah Penumpang Pesawat Bertambah 100 Persen Jelang New Normal
Getty Images
Nasional
Skenario New Normal COVID-19

Meskipun jumlah penumpang pesawat tidak seramai saat sebelum pandemi COVID-19 menyerang, namun jumlah penumpang perlahan meningkat seiring dengan pelonggaran pembatasan.

WowKeren - Penumpang pesawat mengalami lonjakan seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial. PT Angkasa Pura II mencatat adanya lonjakan selama masa menjelang new normal.

Pada masa adaptasi menjelang new normal yang dimulai sejak Senin (8/6) lalu, jumlah penumpang terus mengalami kenaikan. Tak hanya untuk penumpang domestik namun juga internasional. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

"Di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II, jumlah penumpang pada 8 Juni dan 9 Juni rata-rata sekitar 7.000 penumpang setiap harinya," jelas Awaluddin melalui keterangan resmi, Kamis (11/6). "Sementara itu pada 10 Juni meningkat menjadi sekitar 14.700 penumpang, di mana pada tanggal itu khusus Bandara Soekarno-Hatta mencapai 6.038 penumpang."

Ia memastikan meskipun terjadi lonjakan penumpang, pihaknya tetap menjaga prosedur protokol yang ketat. "Perlahan, jumlah penumpang kembali naik dan stakeholder di bandara tetap menjaga prosedur dijalani secara ketat," ujarnya.


Selama masa transisi ini, memang tidak semua maskapai memutuskan untuk beroperasi secara serentak. Untuk saat ini, Awaluddin menuturkan hanya ada Lion Air, Garuda Indonesia, dan Citilink. Sedangkan untuk Air Asia akan segera menyusul 19 Juni mendatang. Meski jumlah penumpang terus naik namun masih belum mendekati ketika kondisi sebelum pandemi.

"Jumlah penumpang memang masih jauh lebih rendah dibandingkan saat kondisi normal," kata Awaluddin. "Namun sudah mulai bergairah kembali di masa adaptasi ini."

Selain pada angkutan penumpang, peningkatan juga terjadi pada pesawat kargo. Pada Rabu (10/6), tercatat volume kargo di angka 1,65 juta ton yang mana jumlah ini merupakan yang tertinggi selama Juni 2020.

"Angkutan kargo di tengah pandemi COVID-19 ini memang yang paling terjaga," lanjut dia. "Seluruh bandara PT Angkasa Pura II juga fokus dalam penanganan kargo ini."

Sementara itu, pemerintah telah menetapkan syarat untuk calon penumpang pesawat. Mereka diwajibkan membawa hasil rapid test ataupun PCR untuk memastikan dalam kondisi sehat.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts