Kasus COVID-19 RI Salip Singapura, Ini Perbedaan Keduanya Dalam Tangani Pandemi Corona
Nasional

Indonesia telah menyalip Singapura sebagai pemilik kasus COVID-19 tertinggi di dunia. Ini perbedaan kedua negara tersebut dalam menangani pandemi virus corona.

WowKeren - Indonesia saat ini telah menjadi negara dengan kasus virus corona (COVID-19) tertinggi di Asia Tenggara. Dilansir dari covid19.go.id hingga Kamis (18/6), Indonesia telah memiliki 41.431 kasus positif COVID-19.

Dengan angka tersebut, Indonesia telah menyalip Singapura yang sebelumnya menjadi negara dengan kasus virus corona terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan data statistik Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, Singapura memiliki 41,216 kasus corona dan selisih tipis dengan Indonesia.

Penanganan kedua negara ini dalam menanggulangi pandemi virus corona lantas dibandingkan. Indonesia sejauh ini selalu melaporkan perkembangan kasus virus corona setiap hari melalui website ataupun siaran televisi yang selalu disampaikan oleh juru bicara pemerintah, Achmad Yurianto.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga selalu memberikan update soal virus corona lewat situs Kementerian Luar Negeri, Safety Travel di safetravel.id. Kemampuan Indonesia dalam melakukan pemeriksaan tes COVID-19 juga telah mencapai 30 ribu orang.


Sementara itu, Singapura juga selalu melaporkan perkembangan virus corona di negaranya. Bahkan, Singapura dinilai lebih informatif dalam menyampaikan perkembangan kasus karena informasi diberikan secara langsung, per minggu, hari, hingga jam.

Singapura memberikan informasi lebih detail soal perkembangan warganya yang sedang dirawat di Rumah Sakit Singapura. Meski demikian, Negeri Singa tersebut tetap tidak menyebut identitas lengkap pasien dan hanya memberikan data usia serta riwayat perjalanan saja sebelum terkena virus corona.

Singapura juga menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan begitu ketat seperti lockdown. Pemerintah negara tersebut dikenal tidak pilih kasih. Semua penduduk, termasuk pejabat, dijerat denda jika nekat melanggar pembatasan kegiatan saat pandemi corona.

Pemerintah Singapura juga menawarkan kepada seluruh warga yang berada di Singapura untuk mendaftarkan nomor WhatsApp untuk menerima informasi terbaru, faktual, dan klarifikasi tentang berita hoaks terkait virus corona. Nomor Whatsapp tersebut akan terhubung langsung dengan layanan Kesehatan Pemerintah Singapura.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru