Achmad Purnomo Ngaku Tak Kaget Jika Gibran 'Anak Presiden' Dipilih PDIP di Pilkada Solo
Nasional

Purnomo sendiri merupakan kandidat bakal calon Wali Kota yang didukung oleh DPC PDIP Solo dan merupakan rival Gibran. Ia sempat mengajukan surat pengunduran diri dari Pilkada 2020, namun ditolak oleh DPC PDIP Solo.

WowKeren - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) memang masih belum mengumumkan secara resmi siapa bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang mereka dukung di Pilkada Solo. Namun, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dirumorkan telah menandatangani surat rekomendasi untuk Gibran Rakabuming.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, lantas mengaku tidak kaget jika DPP PDIP menjatuhkan pilihannya pada Gibran. Ia menilai hal tersebut wajar mengingat Gibran adalah putra sulung Presiden Joko Widodo.

"Itu kan sesuai dengan perkiraan masyarakat," jelas Purnomo di Balai Kota Solo pada Jumat (19/6). "Saya kira kalau ditanyai juga begitu, karena kan anak Presiden."

Purnomo sendiri merupakan kandidat bakal calon Wali Kota yang didukung oleh DPC PDIP Solo dan merupakan rival Gibran. Ia sempat mengajukan surat pengunduran diri dari Pilkada 2020, namun ditolak oleh DPC PDIP Solo.

Lebih lanjut, Purnomo mengaku kerap bercanda dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, terkair isu rekomendasi DPP ini. DPC PDIP Solo sendiri selalu meyakinkannya untuk mengikuti prosedur yang telah ditentukan.


"Saya sering bercanda dengan Pak Rudy," ujar Purnomo. "Itu sudah bisa diduga kok rekomnya."

Selain soal Gibran, Purnomo juga sempat mendengar kabar soal menantu Jokowi, Bobby Nasution, yang juga akan maju di Pilkada Medan 2020. "Tidak kaget. Memang politik di Indonesia begitu, saya dengar isunya di media tidak hanya Solo tapi juga di Medan," ungkap Purnomo.

Meski demikian, Purnomo sendiri masih belum menentukan sikap jika nantinya rekomendasi DPP PDIP benar-benar jatuh ke tangan Gibran. Ia menegaskan bahwa semua pihak harus menunggu keputusan resmi dari partai.

"Jangan berandai-andai dulu," pungkas Purnomo. "Kita tunggu saja pengumuman dari Ketua Umum."

Di sisi lain, PDIP diisukan akan memasangkan Gibran dengan Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Meski demikian, Megawati disebut baru akan mengumumkan nama paslon yang akan diusung DPP PDIP pada Juli 2020 mendatang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru