Peringati HUT ke-493, DKI Tak Gelar Jakarta Great Sale Gegara COVID-19
Nasional

Festival Jakarta Great Sale dikhawatirkan justru akan meningkatkan potensi terbentuknya kerumunan massa lantaran banyak orang yang tertarik untuk turut serta dalam diskon besar-besaran.

WowKeren - Ada yang beda pada perayaan hari jadi Jakarta ke-493 ini. Karena pandemi yang tak kunjung usai, Pusat perbelanjaan (mal) meniadakan Festival Jakarta Great Sale (FJGS).

FJGS sendiri merupakan pesta diskon besar-besaran yang biasanya digelar menjelang hari jadi ibu kota. Namun kali ini, ada kekhawatiran lain jika FJGS tetap digelar di tengah pandemi. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat.

Ia khawatir jika terjadi kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19 saat FJGS digelar. Pasalnya, pesta diskon yang digelar secara besar-besaran akan memancing kerumunan orang.

"Tahun ini tidak diadakan Festival Jakarta Great Sale," kata Ellen dilansir CNN Indonesia, Senin (22/6). "Karena secara protokol kesehatan tidak diperbolehkan mengadakan kegiatan offline."


Terkait apakah diskon besar-besaran ini akan dialihkan secara online, Ellen menyebut tidak ada rencana untuk itu. "Tidak dialihkan, beda," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah menyatakan kegiatan Festival Jakarta Great Online Sale akan dilaksanakan pada tanggal 22-30 Juni 2020. Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

Tahun lalu, ketika pandemi COVID-19 belum menyerang Indonesia, FJGS digelar dengan ramai. Saat perayaan HUT DKI ke-492 tahun 2019 lalu, masyarakat ibu kota dimanjakan dengan diskon besar-besaran di mal.

Adapun diskon besar-besaran ini digelar selama satu bulan lamanya mulai 23 Mei hingga 23 Juni 2019. Ada 81 mal yang turut berpartisipasi memeriahkan acara ini.

Kala itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membuka event tersebut berharap dengan adanya event ini dapat menggerakkan roda perekonomian Jakarta. Tak lupa ia juga berterima kasih kepada pihak panitia yang telah secara konsisten mengelola event ini. "Saya atas nama Pemprov ingin menyampaikan apresiasi kepada teman-teman yang mengelola event Jakarta Great Sale secara konsisten," kata Anies beberapa waktu lalu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait