29 Taman Wisata Alam Dibuka Bertahap, Ini Sebaran Provinsinya
Nasional

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menilai pembukaan taman wisata ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada daerah sekitarnya.

WowKeren - Sejumlah taman wisata alam telah dibuka secara bertahap menjelang transisi ke new normal. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengemukakan sejauh ini telah ada 29 tempat wisata yang dibuka.

"Setelah itu kita akan cek kembali beberapa lokasi lain yang juga bisa dibuka secara bertahap," kata dia saat konferensi video di Jakarta, Senin (22/6). Adapun sejumlah provinsi yang diperbolehkan untuk membuka kawasan wisata secara bertahap antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

Untuk Bali, yang selama ini menjadi primadona wisata di Indonesia, akan dibuka tergantung pada kondisi penyebaran COVID-19. begitu juga dengan Sulawesi Selatan.


"Termasuk Bali, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan sedang kami ikuti terus," lanjut Siti. "Dan diproyeksikan sedapat-dapatnya dibuka tergantung kondisi COVID-19 serta protokol kesehatan dari Gugus Tugas."

Pembukaan taman wisata ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada daerah sekitarnya. Ia menegaskan bahwa dalam pembukaan taman nasional, protokol kesehatan harus benar-benar menjadi prioritas.

"Setelah pengumuman ini dan sudah ada pedoman dari Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata," lanjut Siti. "Kami segera memberikan perintah kepada jajaran yang sudah bisa mendukung menurut ketentuan protokol."

Adapun tempat wisata yang sudah dibuka salah satunya Taman Wisata Ragunan pada Sabtu (20/6). Tentu saja, pembukaan fase pertama ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat yang hendak mengunjungi taman wisata ini, diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online satu hari sebelumnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru