Survei Sebut Gibran-Purnomo Kantongi 91 Persen Suara di Pilkada Solo
Nasional

Berdasarkan survei yang digelar oleh Solo Raya Polling, pasangan Gibran dan Achmad Purnomo akan menang telak dalam Pilkada Solo 2020 mendatang dengan presentase keberhasilan 91 persen.

WowKeren - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, lembaga survei kerap melakukan polling terkait pasangan calon mana yang bakal disukai oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Solo Raya Polling yang menggelar survei simulasi pasangan calon wali kota-wakil wali kota pada 14-20 Juni 2020.

Dari survei tersebut disebutkan apabila Putra Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka akan menang telak jika berpasangan dengan Wakil Wali Kota Achmad Purnomo dalam Pilkada Solo 2020 mendatang. Bahkan presentase keberhasilan pun sebesar 91 persen.

Direktur Solo Raya Polling, Suwardi mengatakan dalam survei ini pihaknya juga memasangkan Gibran dengan kandidat lain seperti Teguh Prakosa dan Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo. Mereka melawan pasangan independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo). "Hasilnya, Pasangan Gibran dipilih 91 persen responden, BaJo 1 persen, dan 7 persen responden tidak menjawab," kata Suwardi, Kamis (25/6).

Jika berpasangan dengan Teguh Prakosa, Gibran memperoleh suara 77 persen. Sedangkan duet Gibran-Budi Prasetyo hanya mendapat 74 persen suara.


"Catatan pentingnya adalah yang tidak menjawab meningkat drastis ketika Gibran dipasangkan dengan selain Purnomo," paparnya. "Untuk pasangan Gibran-Teguh, yang tidak menjawab 7 persen. Sedangkan pasangan Gibran-Budi melonjak menjadi 23 persen."

Diketahui, Solo Raya Polling juga mensimulasikan pasangan Gibran-Budi melawan Purnomo-Teguh dan Bagyo-Supardjo. Hasilnya, Gibran masih menang meski perolehan suaranya turun menjadi 53 persen. Purnomo-Teguh di posisi kedua dengan perolehan suara 40 persen dan Bagyo-Supardjo hanya memperoleh 1 persen suara.

Namun, survei Solo Raya Polling tak mensimulasikan pasangan Purnomo-Gibran. Saat ditanya mengenai hal ini, Suwardi beralasan penempatan Purnomo sebagai calon wakil wali kota didasarkan atas berbagai analisis dan asumsi. "Sehingga Purnomo tidak kami posisikan menjadi AD 1 saat kami pasangkan dengan Gibran," ujarnya.

Sementara itu, survei Solo Raya Polling ini melibatkan 1.008 responden dari 128 lokasi survei. Responden dipilih secara acak dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Survei tersebut memiliki margin of error 3,5 persen dengan tingkat signifikansi 95 persen.

Dalam survei ini, elektabilitas Gibran juga melonjak menjadi 55 persen. Menurut Suwardi, pandemi virus corona (COVID-19) menjadi salah satu faktor utama yang mendorong elektabilitas putra sulung Jokowi itu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru