Bisa Samarkan Kerutan, 8 Makanan Berkolagen Tinggi Ini Bagus Banget Untuk Kecantikan Kulit!
Lifestyle

Kolagen sendiri merupakan protein penting yang terdapat di dalam jaringan tubuh, Agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga, kalian disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen.

WowKeren - Kolagen menjadi salah satu istilah yang sudah tak asing dalam dunia kecantikan kulit. Kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi dan tendon, melindungi organ-organ di dalam tubuh, hingga menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Tak heran jika zat ini dipercaya sebagai salah satu rahasi awat muda. Hal ini karena seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen akan semakin berkurang. Jika sudah seperti itu, kulit pun menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lebih lemah.

Kolagen sendiri merupakan protein penting yang terdapat di dalam jaringan ikat, tulang rawan, tendon, darah, tulang, dan kulit tubuh, Agar produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga, kalian disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 makanan yang berkolagen tinggi. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Putih Telur


Putih Telur

Putih telur sangat kaya akan asam amino glisin dan prolin, yang merupakan komponen utama kolagen. Bagian putih telur diketahui mengandung proline yang berguna dalam merangsang produksi kolagen tubuh. Senyawa ini juga dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan kolagen tubuh.

Dengan mengonsumsi putih telur, akan memberi tubuh kalian asam amino yang dibutuhkan untuk membangun kolagen. Selain itu, tak heran juga jika masker putih telur diklaim sangat ampuh untuk memperkaya vitamin pada wajah kalian.

2. Ikan


Ikan
Unsplash/Jeremy Stewart

Penggemar ikan patut gembira karena seafood satu ini termasuk makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ikan mengandung asam omega-3 yang berguna untuk melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit. Nah selaput inilah yang mempertahankan struktur kulit agar tetap kencang.

Contoh ikan terbaik untuk dikonsumsi adalah salmon. Bagaimana tidak, dalam 85 gram salmon ternyata sudah mengandung antara 1,1-1,9 gram omega-3 (dalam keadaan segar maupun beku). Jenis ikan lain yang juga mengandung omega-3 adalah makarel, haring, dan tuna.

3. Sayuran Hijau


Sayuran Hijau
https://www.taste.com.au//Craig Wall

Sayuran hijau seperti bayam dan daun kale memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil sendiri merupakan komponen yang bisa memicu produksi kolagen untuk kulit. Mengonsumsi sayuran yang mengandung kolagen tinggi bermanfaat menguatkan tulang dan menghaluskan kulit.

Selain kaya vitamin C, sayuran yang daunnya hijau juga sarat vitamin A, nutrisi yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Untuk itu, mengkonsumsi salad yang kaya akan dedaunan sayur hijau mampu mempercantik kulit kalian.

4. Alpukat


Alpukat
Rawpixel/Taylor kiser

Makanan yang merangsang produksi kolagen selanjutnya adalah alpukat. Buah sumber asam omega-3 ini kaya vitamin E yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Alpukat juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk kulit, darah, jaringan dan organ tubuh kita.

Namun, sebagian besar nutrisi yang dikandung alpukat terdapat dalam bijinya. Biji alpukat mengandung sekitar 70% antioksidan dalam buah itu, dan juga mengandung polyphenol yang serupa dengan yang dikandung dalam green tea.

5. Buah Berry


Buah Berry
Rawpixel/Jakub Kapusnak

Selain jeruk, buah beri seperti strawberry, blueberry, dan raspberry juga kaya akan vitamin C yang krusial untuk pembentukan kolagen. Selain itu, buah beri juga kaya antioksidan yang bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.

6. Buah Sitrus


Buah Sitrus
Unsplash/Nick Fewings

Bicara soal buah berwarna oranye, tentu saja jeruk-jerukan seperti grapefruit, lemon, dan jeruk nipis, termasuk di dalamnya. Apalagi jeruk-jerukan juga kaya vitamin C, yang artinya buah ini mampu mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen.

Manfaat vitamin C lainnya yang enggak kalah penting adalah membantu menetralkan radikal bebas yang seringkali menyerang dan merusak kolagen. Pantas saja ada sebuah istilah mengungkapkan "sebutir jeruk setiap hari mungkin dapat menjauhkan kerutan". Tertarik mencoba?

7. Tomat


Tomat
Rawpixel/Markus Spiske

Sayuran yang berwarna merah juga termasuk makanan yang mengandung kolagen. Hal ini karena mengandung antioksidan dan likopennya berguna meningkatkan produksi kolagen. Tomat, paprika merah atau grapefruit adalah salah satunya.

Tomat diketahui kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, satu buah tomat ukuran sedang sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C kalian hingga 30%. Buah yang mengandung likopen, yaitu antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan.

8. Kaldu Tulang


Kaldu Tulang
https://www.uhhospitals.org/

Bagian tulang hewan juga dikenal sebagai makanan yang mengandung kolagen. Baik tulang sapi, tulang ayam, hingga tulang ikan sangat baik diolah menjadi kaldu ataupun dibuat masakan berkuah yang dikonsumsi secara rutin.

Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan. Saat jaringan ini direbus, kolagen dilepaskan ke air. Itulah sebabnya kaldu tulang seperti gel. Kalian bisa mengolah kaldu ini menjadi makanan atau sup yang nikmat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait