Yayasan Ini Buka Pendaftaran Listrik Gratis Untuk 60 Ribu Orang, Ini Syaratnya
Nasional

Yayasan ini kembali membuka pendaftaran penerima donasi listrik gratis bagi pelanggan PLN di bulan Juli hingga kuota 60 ribu orang. Simak persyaratan yang harus disiapkan.

WowKeren - Pandemi virus corona (COVID-19) telah menghantam perekonomian masyarakat, khususnya rakyat yang kurang mampu. Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) berusaha membantu masyarakat di tengah pandemi dengan membuka pendaftaran penerima donasi listrik gratis pada periode Juli 2020.

Pendaftaran listrik gratis ini ditujukan pada pelanggan PLN dengan golongan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA. “Kami masih membuka kuota 60 ribu penerima donasi untuk Juli,” kata Manajer Komunikasi YCAB, Trinzi Mulamawitri seperti dilansir dari Kumparan Jumat (26/6).

YCAB telah membuka pendaftaran ini sejak Selasa (16/6) lalu. Adapun pelanggan ingin mendapatkan donasi ini bisa mendaftar melalui situs resmi program Light Up Indonesia, yakni lightup.id.

Trinzi menjelaskan jika pendaftar perlu membuat akun, kemudian harus melengkapi persyaratan dokumen. Kelengkapan persyaratan dokumen sangat diperlukan agar bisa lolos verifikasi bantuan di bulan depan.

Saat ini, YCAB melaporkan telah ada 300 ribuan akun email yang sudah mendaftar sejak April lalu. Sayangnya, masih banyak pendaftar yang belum melengkapi persyaratan sehingga tidak lolos seleksi bulan sebelumnya.


Oleh sebab itu, Trinzi mengharapkan agar para pendaftar segera melengkapi data. Sementara bagi pelanggan yang sudah melengkapi data mereka, YCAB akan melakukan verifikasi. Setelah dianggap memenuhi syarat, pihaknya akan menyerahkan data calon penerima donasi ke PLN untuk diverifikasi ID pelanggan.

Nantinya jika pendaftar dinyatakan lolos verifikasi, mereka akan langsung mendapatkan notifikasi donasi dan link top up dari akun dompet digital OVO. Sedangkan pelanggan prabayar bisa mengetahui pengumuman dengan langsung mengirim pesan ke whatsapp PLN 08122-123-123 atau cek website PLN di www.pln.co.id.

Sebelumnya, Founder sekaligus CEO YCAB, Veronica Colondam menjelaskan donasi listrik yang diberikan untuk tagihan di atas Rp100 ribu diberikan maksimal Rp 100 ribu. Sedangkan untuk tagihan yang di bawah Rp 100 ribu akan dilunasi.

Bantuan listrik gratis ini sendiri telah diberikan sejak April 2020, dimana pada awalnya menyasar ibu-ibu pengusaha ultra mikro binaan YCAB Ventures. Kemudian pada bulan Mei, YCAB mulai memberikan listrik gratis bagi masyarakat umum yang mendaftar melalui lightup.id.

Bantuan ini rencananya akan diberikan hingga Juli mendatang. Meski demikian, Veronica menegaskan tidak menutup kemungkinan jika pihaknya memperpanjang donasi ini sesuai situasi terbaru.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru