8 Makanan Lezat Ini Cocok Dijadikan Bekal Saat Anak Kembali Sekolah di Era New Normal, Sudah Coba?
Kuliner
Skenario New Normal COVID-19

Jika anak Anda kembali masuk sekolah di era new normal, sebaiknya bawakan mereka bekal dari rumah agar lebih terjaga kebersihannya. Karena itulah WowKeren telah merangkum beberapa ide bekal yang sehat dan nikmat untuk anak seperti berikut ini.

WowKeren - Sejumlah sekolah di berbagai daerah telah memulai tahun ajaran baru 2020/2021 pada Senin (13/7) hari ini. Sekolah di zona hijau diperbolehkan memulai proses belajar tatap muka dengan ketentuan harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Dengan kembalinya anak belajar di sekolah, sejumlah orangtua mungkin memiliki kekhawatiran terhadap penularan virus Corona. Pasalnya mereka akan berbaur dengan banyak anak lain, guru maupun pegawai sekolah lainnya. Risiko tertular bisa semakin besar jika anak jajan sembarangan di sekolah maupun lingkungan sekitarnya.


Oleh sebab itu, sebaiknya bawakan bekal pada anak-anak Anda yang mulai kembali ke sekolah. Bekal makanan yang dibawa sendiri dari rumah lebih terjamin kebersihannya dan tidak melalui perpindahan banyak tangan, sehingga cenderung lebih aman dari virus Corona.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan rekomendasi makanan lezat dan sehat yang bisa Anda jadikan bekal anak sekolah. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Roti Selai Kacang


Roti Selai Kacang
https://hungryhappenings.com/

Bekal pertama yang bisa Anda buatkan untuk si kecil adalah roti selai kacang. Makanan satu ini memiliki gizi yang cukup tinggi karena selai kacang yang rendah lemak sangat baik untuk pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan selai kacang mengandung vitamin A, E, B6, asam folat, zat besi magnesium, zinc hingga tembaga.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama ambil beberapa lembar roti tawar atau roti putih. Setelah itu oleskan selai kacang secara merata pada sepotong roti tawar menggunakan pisau. Jika Anda ingin menambahkan butter, sebaiknya oleskan terlebih dahulu sebelum mengoleskan selai kacang. Dan jika tak ingin selai kacang belepotan kemana-mana, pastikan untuk mengoleskannya secara tipis saja.

2. Burger Tempe


Burger Tempe
NET/Agung Setiawan

Jika Anda ingin membuatkan anak bekal bergizi dan lezat, sebaiknya coba burger tempe. Di antara bahan yang Anda perlukan adalah tempe yang telah dikukus dan dihaluskan, tepung roti, 4 buah roti burger, 2 butir telur ayam, saus tomat, 1 siung bawang putih yang dicincang halus dan ditumis, setengah sendok makan margarin, keju, tomat, selada air dan garam secukupnya.

Ada beberapa langkah untuk membuatnya. Pertama, campur tempe dengan tepung roti, tumisan bawang putih, garam dan lada sampai merata. Lalu masukkan telur ke dalam adonan tersebut dan aduk sampai rata. Setelah itu bentuk menjadi bulat pipih dan goreng hingga matang. Terakhir, susun burger tempe dengan urutan roti burger, saus tomat, isian burger tempe, keju, selada, tomat, mentimun lalu tutup lagi menggunakan roti.

3. Pizza Roti Tawar


Pizza Roti Tawar
Shutterstock

Apabila anak Anda sangat menyukai pizza, maka Anda sebaiknya mencoba resep satu ini. Di antara bahan yang Anda perlukan adalah dua lembar roti tawar bulat, saus tomat, mayones, dua buah sosis sapi, keju parut dan dua sendok makan margarin.

Untuk membuatnya pun sangat mudah. Pertama-tama goreng sosis yang telah diiris tipis, usahakan tidak terlalu kering. Setelah itu olesi permukaan roti dengan saus tomat dan mayones. Kemudian letakkan sosis goreng di atasnya dan tambahkan parutan keju. Jika sudah, goreng roti tersebut hingga bagian bawahnya terlihat sedikit kecokelatan dan topingnya menempel sempurna.

4. Nasi Gulung Telur Isi Sosis


Nasi Gulung Telur Isi Sosis

Apa anak Anda penggemar telur dadar? Jika iya, sebaiknya coba buatkan mereka nasi gulung telur isi sosis untuk bekalnya di sekolah. Bahan yang diperlukan cukup sederhana, yakni satu piring nasi hangat, tiga buah sosis sapi, dua butir telur, garam dan merica secukupnya.

Pertama-tama, goreng sosis dan telur dadar lalu tiriskan. Letakkan telur dadar di atas telenan dan beri dua sendok nasi di atasnya dengan posisi memanjang. Beri sosis goreng di atas nasi lalu tutup lagi dengan dua sendok nasi. Gulung dan padatkan semua bahan tersebut lalu potong dengan bentuk melintang.

5. Pasta


Pasta
https://parade.com/

Makanan berikutnya yang bisa Anda jadikan bekal untuk anak adalah pasta. Pasta kaya akan karbohidrat karena terbuat dari tepung dan telur. Sumber karbohidrat inilah yang berperan penting bagi otak dan otot saat beraktivitas. Dengan begitu, keseimbangan anak akan senantiasa terjaga saat bersekolah di era new normal.

Cara membuat pasta juga cukup mudah dilakukan. Pertama rebus pasta kemasan favorit anak lalu tumis bumbunya sebelum dicampurkan. Agar rasanya lebih variatif, Anda bisa menambahkan potongan sosis, bakso, tahu, tempe dan sayuran yang telah dibumbui dengan garam dan kecap manis. Dengan begitu, pasta yang Anda buat untuk si kecil akan terasa semakin nikmat.

6. Kentang dan Ubi Panggang


Kentang dan Ubi Panggang
/Teri Lyn Fisher

Meski terdengar sepele, kentang dan ubi panggang bisa menjadi bekal yang menyehatkan bagi anak. Seperti yang diketahui, kentang kaya akan karbohidrat, serat dan protein yang baik bagi kesehatan anak. Agar anak tak bosan, coba kreasikan kentang menjadi berbagai makanan yang menarik seperti kentang goreng, kentang panggang, omelet kentang, orak arik kentang dan lain sebagainya.

Di sisi lain, ubi juga tinggi serat dan karbohidrat yang baik untuk daya tahan tubuh serta pencernaan si kecil. Tak hanya itu, ubi juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang disukai anak-anak. Jika ingin dijadikan bekal, sebaiknya kreasikan ubi menjadi beragam panganan menarik seperti ubi panggang toping keju, omelet ubi daging, ubi daging cincang dan lain-lain.

7. Nugget Wortel Keju


Nugget Wortel Keju

Ide bekal berikutnya yang wajib Anda coba buat adalah nugget wortel keju. Bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah ditemukan di dapur, yakni daging cincang, wortel, keju dan garam. Untuk membuatnya, pertama-tama campurkan daging cincang dengan wortel, keju dan garam lalu bentuk seperti bola-bola. Setelah itu, Anda tinggal menggorengnya sampai berwarna kuning keemasan.

8. Susu, Sayur dan Buah-Buahan


Susu, Sayur dan Buah-Buahan
https://www.blessthismessplease.com/

Bekal terakhir yang WowKeren rekomendasikan ini cocok untuk Anda yang tak suka ribet. Sebab Anda hanya perlu memotong buah dan sayur segar lalu masukkan ke dalam kotak bekal anak. Bila perlu, kreasikan dan tata menjadi berbagai bentuk yang menarik. Sebagai pelengkap gizi, jangan lupa untuk membawakan bekal minuman berupa susu, yoghurt atau jus buah-buahan. Dengan begitu, Anda dapat memberikan bekal makan dan minum yang menyehatkan bagi anak selama mereka sekolah di era new normal.

Demikian delapan ide bekal untuk anak sekolah di era new normal. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips bagi orangtua untuk mempersiapkan anak kembali sekolah di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips makan di restoran saat new normal agar terhindar dari virus Corona.

You can share this post!

Related Posts