Cetak Rekor Tertinggi, Harga Emas Antam Tembus Rp 1 Juta per Gram
Nasional

Kendati harga naik turun, investasi yang satu ini banyak diminati masyarakat. Selain bisa digunakan sehari-hari, instrumen investasi ini tergolong mudah dan aman

WowKeren - Harga emas batangan produksi Antam atau PT Aneka Tambang kembali melangit. Per hari ini, Selasa (28/7), harga logam mulai tersebut telah tembus di angka Rp 1.022.000.

Harga emas mengalami kenaikan sebesar Rp 25.000 per gramnya. Sedangkan untuk harga jual kembali atau buyback emas Antam per gram mencapai Rp 919.000. Harga ini naik sebesar Rp 23.000 dari sebelumnya.

Sejak awal tahun, harga logam mulia ini berada di rentang Rp 775.000. Harga ini terus bergerak naik hingga Rp 984.000/gram. Kenaikan sejak awal tahun mencapai Rp 209.000. Selama rentang 10 tahun terakhir, kenaikan harga emas Antam mencapai Rp 581.000.

Sementara itu, untuk harga emas batangan seberat 5 gram, dibanderol dengan harga Rp 4.890.000. Lalu untuk emas batangan seberat 10 gram sebesar Rp 9.715.000.


Harga emas memang mengalami naik turun. Kendati demikian, investasi yang satu ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Selain bisa digunakan sehari-hari, instrumen investasi yang satu ini tergolong mudah dan aman.

Berbanding terbalik dengan harga minyak dunia yang kain terpuruk, emas justru naik daun. Permintaan akan logam mulia justru meningkat terutama selama masa pandemi COVID-19.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, pasar investasi di pasar uang maupun pasar modal dianggap semakin tak menarik. Dibanding investasi saham, emas dinilai lebih minim risiko. "Emas batangan lebih liquid and marketable (mudah dicairkan dalam bentuk uang)," kata Pakar ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmi Radhi dilansir Kompas, Selasa (28/7).

Kendati emas seakan bisa menjadi instrumen investasi yang menjanjikan, namun Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengimbau agar masyarakat tak buru-buru membeli emas.

"Jangan membeli (emas sekarang), kalau membeli nanti nangis," kata Ibrahim, Minggu (26/7). "Untuk membeli wait and see dulu, harga sudah terlalu tinggi. Kalau harga sudah terkoreksi, balik lagi ke level-level yang rendah baru melakukan pembelian."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait