Bukan Pidana, Begini Sanksi Yang Manjur Bikin Jera Warga Ngotot Tak Bermasker Saat Pandemi
Twitter
Nasional

Tengah beredar di internet sanksi-sanksi sosial yang bisa diterapkan untuk menghukum para warga bandel yang nekat tak bermasker saat pandemi COVID-19 belum mereda seperti sekarang.

WowKeren - Era adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diterapkan di Indonesia menyebabkan beberapa golongan masyarakat mulai lalai terhadap protokol kesehatan. Ditambah dengan maraknya teori konspirasi yang mempertanyakan keberadaan sekaligus seberapa berbahayanya virus Corona menyebabkan banyak orang nekat mencoba tak bermasker misalnya.

Hal itulah yang membuat beberapa pihak gemas, namun sekadar mengingatkan tampaknya tidak berpengaruh banyak. Pemerintah sendiri sudah merancang sejumlah sanksi berupa teguran, denda, hingga pidana untuk para pelanggar protokol kesehatan seperti yang nekat tidak bermasker.

Namun rupanya warganet memiliki caranya tersendiri yang diklaim jauh lebih ampuh. Seperti apakah?

Seorang warganet membagikan pengalamannya "menghukum" para warga bandel tak bermasker. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan memberikan pandangan menghakimi serta langsung menjauh seolah-olah takut tertular penyakit dari sang pelaku.


"Cara menghukum mental pelaku yang ga mau pakai masker di jalan adalah dengan langsung menjauh sejauh2nya dengan pandangan ngeri dan takut," cuit @ag***ka. "It's works barusan, doi langsung pake lagi maskernya :))"

"Selain tatap tajam dan menjauh sejauh2nya, kalau memungkinkan tegur aja ges, biar tau kalau mereka salah," imbuh warganet itu, memberikan alternatif solusi lain. "Apalagi kalau di minimarket dan karyawan mengabaikan protokol kesehatan, aku langsung tegur, karena itu hak kita sebagai customer."

Pengakuan ini rupanya diamini oleh banyak pihak. Banyak yang mengaku juga menerapkan cara serupa demi mengingatkan seberapa pentingnya mengenakan masker di tengah pandemi COVID-19 yang belum mendapati solusi memadai ini.

"Gue pas ke indomaret ada pasangan antri ga mau jaga jarak nrmpel2 gue, gue langsung liatin terus nunjuk ke lantai supaya dia mundur," ungkap @bum*****it. "Meskipun ngedumel dia mundur juga sih. Jaga jarak juga ga bikin antrian tambah lama, susah amat tertib."

"Iya aku juga gitu tp pd ga ngerasa. Oiya saran gais, kalo naik angkot / ke mana pun ketemu pengamen rata2 ga pake masker jgn deket2 dia. Nyanyi nya pada berek berekan, ngeri ludah nya muncrat ke kita, serem," imbuh @sl***rp. "Ga usah beli kalo yang jual gapake masker," sambung @sag***.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait