Peringkat 'Buncit', Indonesia Urutan ke-97 dari 100 Negara Teraman Atasi Wabah Corona di Dunia
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Deep Knowledge Forum merilis daftar terbaru 100 negara yang paling aman dari wabah virus Corona. Dinilai dari 130 parameter, Indonesia ditempatkan di urutan ke-97 dunia.

WowKeren - Konsorsium perusahaan investasi internasional, Deep Knowledge Group, merilis kembali daftar 100 negara yang dianggap aman dari pandemi COVID-19. Indonesia pun masuk dalam daftar tersebut, namun ternyata berada di posisi ke-97 alias nyaris bontot.

Deep Knowledge Group menyusun daftar ini dengan 130 parameter yang diamati dari berbagai data terkait. Seperti misalnya efisiensi karantina, kemampuan pengawasan serta deteksi, kesiapan sistem kesehatan, hingga efisiensi kerja pemerintah.

Sebagai hasilnya, Deep Knowledge Group yang merilis laporan dalam berkas 250 halaman menempatkan Swiss sebagai "juara dunia". Sedangkan peringkat buncit adalah Sudan Selatan. Indonesia sendiri berada di posisi ke-97, tepat di atas Bahama, Laos, dan Kamboja.

Namun Deep Knowledge Group sendiri menyatakan ada parameter tambahan yang dicantumkan dalam daftar edisi kali ini. Yakni perihal kesigapan negara dalam merespons krisis yang terjadi, termasuk mempertahankan kondisi perekonomiannya.


"Swiss dan Jerman berhasil menempati posisi nomor satu dan dua dalam studi kasus ini spesifiknya karena ekonomi mereka tangguh," ujar Deep Knowledge Forum, seperti dilansir Forbes, Rabu (5/8). "Mereka juga bisa berhati-hati dalam melonggarkan upaya lockdown dan pemberhentian ekonomi berdasarkan sains, tanpa mengorbankan kesehatan serta keamanan publik."

Beberapa negara yang sebelumnya sempat berada di posisi atas, seperti Vietnam dan Kepulauan Karibia, terpaksa "terjun bebas" pada rilisan daftar kali ini. Sebab Deep Knowledge Forum menilai kedua negara tidak memiliki kemampuan deteksi dan sistem kesehatan yang baik.

Dilansir dari hasil studi, Asia mendominasi sepuluh besar daftar negara di sini. Kesepuluh negara yang dimaksud adalah Swiss, Jerman, Israel, Singapura, Jepang, Austria, Tiongkok, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Negara ASEAN yang menempati posisi tertinggi adalah Singapura, disusul Vietnam pada urutan ke-20. Filipina sebagai negara ASEAN selain Indonesia yang tembus 100 ribu kasus positif COVID-19 berada di urutan ke-55 dalam daftar ini.

Mengejutkannya, Amerika Serikat ternyata berada di posisi ke-58, beberapa tingkat di bawah Filipina. Sedangkan Brasil sebagai negara dengan jumlah kasus positif terbanyak kedua di dunia berada di posisi ke-91.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts