Enggak Disangka, 7 Makanan Yang Dikenal Sehat Dan Bergizi Ini Ternyata Punya Kadar Gula Tinggi!
Kuliner

Beberapa makanan yang dianggap sehat sebenarnya tidak benar-benar sehat. Bahkan makanan yang dicap sehat bahkan diketahui mengandung tinggi gula. Hal ini tentu tidak baik buat kesehatan.

WowKeren - Pada umumnya, camilan dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau kacang berondong. Namun camilan yang seperti ini lebih banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dengan nilai gizi yang minim. Padahal ada banyak pilihan camilan yang diklaim lebih sehat.

Camilan ini biasanya bersumber dari buah, sayur, kacang, dan biji-bijian, serta produk olahan susu rendah lemak. Namun, tahukah kalian beberapa makanan yang dianggap sehat sebenarnya tidak benar-benar sehat? Beberapa makanan yang dicap sehat bahkan diketahui mengandung tinggi gula.

Hal ini tentu tidak baik buat kesehatan. Penasaran apa saja? berikut Tim WowKeren rangkum 7 makanan yang dikenal sebagai makanan sehat, namun ternyata memiliki kandungan gula yang tinggi. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Yogurt Rendah Lemak


Yogurt Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak dikenal sehat, namun ternyata makanan satu ini mengandung gula yang cukup tinggi. Yogurt yang baik dikonsumsi sebenarnya adalah greek yogurt yang rasanya plain. Ada banyak jenis yogurt bahkan ada yang memiliki rasa, namun ternyata yogurt tersebut tinggi gula.

Yogurt rendah lemak yang katanya juga baik untuk diet ternyata kandungan gulanya sangat tinggi. Dalam 1 cup kecil (245 gram) yogurt rendah lemak memiliki kandungan gula sebanyak 45 gram. Kandungan gula tersebut setara dengan takaran 11 sendok teh. Walaupun rendah lemak tapi tinggi gula sama saja sia-sia saat mengonsumsinya.

2. Salad Dressing


Salad Dressing

Salad sayur atau buah memang bagus buat kesehatan. Namun ketika dicampur dengan salad dressing maka bisa menambahkan banyak gula ke dalamnya. Salad dressing biasanya diisi dengan rasa dan gula buatan yang membuatnya tidak produktif saat dicampur dengan sayur atau buah-buahan.

Selain itu, salad dressing yang mengandung mayones tidak baik untuk kesehatan seseorang. Mayones dapat menyebabkan obesitas, radang sendi, dan penyakit jantung. Mayones yang dijual di pasaran sering dibuat denga minyak kedelai, minyak jagung atau campuran minyak nabati lainnya tinggi lemak Omega-6.

3. Granola Bar


Granola Bar

Granola bar sering menjadi kudapan penambah energi. Inilah mengapa di dalamnya terdapat beragam bahan yang banyak mengandung gula. Kandungan utama dari granola adalah gandum, sereal seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Namun, gandum di granola telah dikombinasikan dengan kacang dan madu atau pemanis tambahan lainnya yang meningkatkan jumlah gula dan kalori. Walau dipasarkan dengan imej sebagai camilan sehat, setiap bar granola bisa dibuat dengan 20 gram gula di dalamnya.

4. Saus Tomat


Saus Tomat

Saus tomat sering dipadukan dengan berbagai makanan. Baik sebagai cocolan ataupun saus pada sup dan kudapan. Namun tahukah kalian bahwa saus ini memiliki kandungan gula yang tinggi? Gula dalam saus tomat digunakan untuk meminimalisir rasa asam yang terdapat pada saus tomat.

Dalam sesendok makan saus tomat terkandung pula sekitar 1 sdt gula. Cukup tinggi untuk bahan makanan yang enggak bercita rasa manis. Selain itu, menambahkan gula pada saus tomat bertujuan untuk membuat saus tomat lebih tahan lama.

5. Sup Kemasan


Sup Kemasan
Instagram/delicioso_sopmerah

Jaman sekarang, berbagai makanan sudah dikemas sedemikian rupa hingga siap saji, termasuk sup. Namun siapa sangka bahwa produk sup termasuk dalam deretan makanan yang tinggi kadar gulanya. Apalagi, sup biasanya identik dengan sayur-sayuran yang notabene adalah panganan kaya gizi.

Namun tidak dengan premade soup atau sup dalam kemasan yang ternyata tidak terlalu sehat. Beberapa perusahan biasa menggunakan bahan-bahan seperti sukrosa, dekstrosa, barley malt, hingga sirup jagung tinggi fruktosa yang terlihat kecil takarannya, namun sebenarnya tinggi gula total di dalamnya.

6. Sereal Sarapan


Sereal Sarapan

Sereal untuk sarapan memang praktis. Selain itu, beberapa sereal selalu menambahkan label sehat dalam kemasannya. Hanya saja, mengkonsumsi sereal setiap hari tidak cukup baik untuk kesehatan karena mengandung gula yang cukup tinggi.

Beberapa sereal sarapan, terutama yang dipasarkan untuk anak-anak biasaya memiliki banyak gula tambahan. Beberapa mengandung 12 gram atau 3 sendok teh gula. Jika terbiasa konsumsi sereal, cobalah periksa label produk dan coba pilih sereal yang kaya serat dan tidak mengandung banyak gula tambahan.

7. Roti


Roti
Rawpixel/McKinsey

Jika kalian berpikir makan roti saja bisa membantu menurunkan berat badan maka itu salah besar. Beberapa roti ditambahkan madu atau gula saat membuat roti untuk mengaktifkan ragi dalam adonan. Tepung mengandung karbohidrat sederhana yang bisa diubah menjadi glukosa.

Ditambah dengan tepung yang sarat karbohidrat yang akan diubah tubuh menjadi glukosa, roti adalah salah satu produk yang banyak dikonsumsi yang ternyata tinggi gula. Jangan sampai makan roti kebanyakan yang bisa menimbulkan efek samping dari gula.

You can share this post!

Related Posts