Disorot Karena Tak Kibarkan Bendera Merah Putih di Alun-Alun, Pemkab Rembang: Tidak Ada Kewajiban
Nasional

KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus menyentil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hingga Bupati Rembang dan bertanya apakah mereka lupa memasang bendera karena tengah sibuk memikirkan Pilkada.

WowKeren - KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus menyoroti alun-alun Kota Rembang, Jawa Tengah, yang tidak memasang bendera Merah Putih di HUT RI ke-75. Gus Mus menyentil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hingga Bupati Rembang dan bertanya apakah mereka lupa memasang bendera karena tengah sibuk memikirkan Pilkada.

"Hari ini tanggal 17 Agustus 2020, hari kemerdekaan RI, ada yang aneh menurut saya, di alun- alun Kota Rembang, tidak ada satu pun bendera Merah Putih dikibarkan," tutur Gus Mus dilansir CNN Indonesia. "Pertanyaan saya kepada Pemda Rembang, mulai Bupati sampai DPRD, apa lupa, apa tidak punya bendera, apa karena lagi sibuk memikirkan Pilkada?"

Menanggapi hal ini, Pemkab Rembang telah memberikan jawaban. Menurut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkab Rembang, Arief Dwi Sulistya, tak ada aturan yang mewajibkan pemasangan bendera Merah Putih di tempat publik seperti alun- alun.

"Terkait pemasangan bendera di tempat publik, seperti alun-alun, menurutnya dari sisi aturan, memang tidak ada kewajiban," jelas Arief melalui keterangan tertulis. "Tapi kalau di depan rumah dan kantor-kantor pemerintah diwajibkan."


Menurut Arief, peringatan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 kemarin hanya dipusatkan di halaman Kantor Bupati Rembang. Dengan demikian, pemasangan bendera, banner dan umbul-umbul terpusat di Kantor Bupati.

"HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini dipusatkan di halaman Kantor Bupati Rembang, dengan jumlah peserta terbatas, mengingat pandemi COVID-19," ujar Arief. "Konsentrasi pemasangan bendera, banner, dan umbul-umbul terpusat di halaman Kantor Bupati."

Namun demikian, Arief mengaku bahwa pihaknya segera memasang bendera Merah Putih di alun-alun usai mendapat masukan dari Gus Mus. Pemasangan bendera di alun-alun Kota Rembang pun diharap bisa menumbuhkan semangat nasionalisme.

"Pukul 08.30 WIB tiang utama di alun-alun dikibarkan bendera merah putih, deretan bendera dengan tiang-tiang kecil dan umbul-umbul," pungkas Arief. "Terima kasih atas masukan Gus Mus, sebagai bentuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa memiliki Indonesia."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait