Mau Simpan Uang Pecahan Rp 75 Ribu untuk Koleksi? Ini Caranya Agar Awet
Nasional

Yang pertama adalah dengan tidak menempatkan uang di dalam dompet seperti pada umumnya. Sebab dikhawatirkan hal ini bisa memicu terjadinya lipatan pada uang

WowKeren - Kabar peluncuran uang pecahan Rp 75 ribu rupiah oleh Bank Indonesia rupanya disambut baik oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang ingin untuk memiliki pecahan uang ini.

Bagi masyarakat yang ingin menjadikan pecahan uang ini sebagai koleksi pribadi, maka ada hal yang perlu diperhatikan untuk merawatnya agar tetap awet. Pasalnya, uang yang dicetak untuk memperingati HUT RI ke-75 itu diterbitkan terbatas, yakni hanya sebanyak 75 juta lembar.

Sekjen Masyarakat Numismatik Indonesia Ali Budiono pun membagikan tipsnya. Yang pertama adalah tidak menempatkan uang di dalam dompet seperti pada umumnya. Sebab dikhawatirkan hal ini bisa memicu terjadinya lipatan pada uang terutama jika tipe dompetnya adalah dompet lipat.

Hal ini, menurutnya kerap disepelekan oleh masyarakat. Meletakkan uang dalam dompet juga berpotensi membuat uang rentan hingga mudah sobek. Sebaliknya, akan lebih awet jika masyarakat menyimpannya dalam buku.


"Saya dapat laporan dan lihat sendiri, banyak masyarakat yang begitu dapat dari BI langsung dimasukkan dompet. Jangan," kata dia dilansir CNN Indonesia, Rabu (19/8). "Harusnya, kan ada plastiknya dari BI, jangan dilepas. Disimpan yang rapi, bisa diselipkan di buku atau map kalau perlu."

Selain untuk koleksi, BI juga mengatakan jika uang Rp 75 ribu bisa dipakai untuk melakukan transaksi jual beli. Kendati demikian, menurut Budi, uang yang dikeluarkan pada perayaan HUT RI ke-75 ini adalah uang edisi khusus sehingga tak salah jika diistimewakan.

Oleh sebab itu, kualitasnya perlu dijaga. Sebab tak menutup kemungkinan pada kondisi tertentu, uang tersebut bisa bernilai jual yang lebih tinggi dari nilai nominalnya.

"Sayang dong kalau rusak, ini kan edisi khusus," lanjutnya. "Terbatas sekali dan beberapa tahun kemudian dia akan punya nilai investasi karena itu harus benar-benar dijaga."

Ada baiknya jika uang ini disimpan dalam plastik kedap udara. "Kalau tidak kertasnya bisa rapuh dan akan muncul bercak-bercak. Sama seperti kertas koran itu," imbuhnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait