Fakta Terbaru Kartu Pra Kerja: Ini Jadwal Pendaftaran Gelombang VI dan Pengumuman Batch V
Nasional

Manajemen Kartu Pra Kerja menyebut pendaftaran Gelombang VI siap dilaksanakan mulai Kamis (27/8) siang nanti. Selain itu pengumuman hasil seleksi Gelombang V akan dirilis dalam waktu dekat.

WowKeren - Kartu Pra Kerja akan memasuki gelombang keenam pelaksanaannya. Dan sedianya gelombang keenam akan mulai dibuka pada Kamis (27/8) hari ini, tepatnya pukul 12.00 WIB.

"Pendaftaran Gelombang VI akan dibuka pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu. Terkait dengan kuotanya, gelombang VI pendaftaran Kartu Pra Kerja ini juga akan disediakan untuk 800 ribu peserta.

"Begitu juga untuk Gelombang VI yang akan dibuka hari ini, kuotanya tetap sama, yaitu 800 ribu," jelas Louisa, seperti dilansir dari Kompas. Dan seperti gelombang-gelombang sebelumnya, penerima manfaat Kartu Pra Kerja Batch VI ini merupakan yang terdaftar dalam kelompok prioritas oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Diketahui pemerintah memang khusus menyasar para korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengangguran untuk menerima manfaat Kartu Pra Kerja. Sebab peserta program yang menjadi unggulan semasa kampanye Presiden Joko Widodo dahulu ini bisa menerima insentif total senilai Rp 3.550.000 setelah menjalani pelatihan sampai tuntas selama 4 bulan.


Di sisi lain, Louisa juga menyebutkan pengumuman hasil seleksi Gelombang V akan diumumkan pada Sabtu (29/8) mendatang, tepatnya pukul 08.00 WIB. Total ada 1,7 juta calon peserta yang mendaftar dan memperebutkan 800 ribu kuota yang tersedia.

Untuk memeriksa lolos atau tidaknya, nanti manajemen Kartu Pra Kerja akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada setiap calon peserta. Atau calon peserta bisa memeriksa status keterpilihan di dashboard akun Kartu Pra Kerja masing-masing.

Peserta dinyatakan lolos apabila mendapatkan notifikasi alias pemberitahuan pada dashboard akun tersebut. Sedangkan yang gagal secara otomatis mengikuti seleksi pada gelombang berikutnya tanpa perlu mengulangi lagi proses pendaftaran dari awal.

Seperti sebelumnya, pendaftaran Gelombang VI Kartu Pra Kerja semestinya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni daring alias online dan luring atau offline. Untuk pendaftaran luring ini bisa dilakukan oleh calon peserta ke Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah lewat Dinas Ketenagakerjaan. Nanti di sana calon peserta bisa mengisi formulir sesuai arahan, dengan format berkas persis pendaftaran secara daring.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru