Heboh Anies Baswedan Restui Sepeda Masuk Tol, DPRD DKI dan DPR Kompak Melawan
Nasional

Anies Baswedan memunculkan wacana agar sepeda balap bisa memasuki ruas jalan tol pada hari Minggu. Namun wacana ini langsung menuai tanggapan kontra, termasuk dari DPRD DKI dan DPR.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum lama ini memunculkan wacana agar pengguna sepeda bisa mengakses tol dalam kota. Anies menyebut jumlah pengguna sepeda saat ini sudah terlalu banyak untuk ditampung jalan biasa.

Rencana ini pun langsung menuai pro dan kontra tersendiri, termasuk di kalangan para wakil rakyat. Seperti misalnya anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, yang menyebut semestinya Pemprov lebih fokus dalam menekan penyebaran virus Corona alih-alih melempar wacana yang tidak relevan.

"Mengawasi masyarakat selama COVID-19 saja tidak optimal, sekarang petugas mau ditambah kerjaan yang tidak jelas," ujar Gilbert, Rabu (26/8). Gilbert sendiri menilai wacana itu justru membuat lalu lintas di Ibu Kota kian semrawut karena pengendara mobil jadi tidak bisa memasuki ruas tol tersebut, belum lagi jaminan keselamatan para pengguna sepeda.

Seperti diketahui, ada ruas tol jalan layang di Cawang-Tanjung Priok yang berpotensi membahayakan pengguna sepeda karena anginnya yang kencang. "Ini teramat janggal dan dari segi keamanan sangat tidak masuk akal, sebaiknya jangan mengorbankan keselamatan masyarakat," tutur Gilbert, dilansir dari Antara.


Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarief Alkadri. Meskipun ketentuan itu hanya berlaku pada hari Minggu, Syarief sendiri menilai tetap kurang sesuai dengan peruntukan jalan tol sendiri.

"Jalan tol itu nggak usah diganggu lah, supaya betul-betul orang bisa menikmati jalan itu. Sekarang saja kita sudah tidak merasa seperti di jalan tol," kata Syarief, dilansir dari Detik News. "Kemudian hari Minggu seharusnya kita bisa lengang."

"Dengan ada sepeda juga akan membawa ini," imbuh politikus dari Partai NasDem itu. "Dan tentu akan membawa masalah keamanan ini harus dikoordinasikan semua."

Syarief menegaskan, apapun jenis sepedanya tidak akan aman melintas di tol. Selain itu, sebut dia, ada juga aturan mengenai batas kecepatan minimal kendaraan, ditambah pula dengan keberadaan kendaraan-kendaraan berat seperti truk yang semakin membahayakan bagi pengendara sepeda.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru