Gubernur Sulsel Beri Lampu Hijau Bioskop Dibuka Di Makassar Dengan Syarat Ini
Nasional

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah baru saja memberikan lampu hijau kepada para pengelola bioskop jika ingin membuka usahanya di tengah pandemi. Ini syaratnya.

WowKeren - Rencana pembukaan bioskop di tengah pandemi virus corona oleh Peemrintah Indonesia masih menuai pro dan kontra. Banyak yang tidak setuju pembukaan bioskop karena berpotensi tinggi menciptakan klaster COVID-19. Meski demikian, ada juga wilayah yang siap untuk kembali membuka bioskop.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah contohnya baru saja memberikan lampu hijau terkait rencana pembukaan bioskop. Ia mempersilahkan para pengelola bioskop jika merasa siap untuk membuka usahanya agar langsung mengusulkannya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Meski demikian, Nurdin menegaskan jika pembukaan bioskop ini sendiri harus berasal dari usulan langsung para pengelola. Selain itu, pengelola bioskop juga harus bisa meyakinkan Pemprov Sulsel jika ingin membuka bioskop serta memaparkan rencana protokol kesehatan COVID-19 yang akan diterapkan.

”Jangan kita yang mengizinkan, tapi bioskop mengusulkan,” ujar Nurdin di sela kunjungannya di Kabupaten Barru, Sulsel seperti dilansir dari Detik pada Jumat (28/8). “Mereka mengusulkan dan meyakinkan kita bahwa protokol kesehatan itu terjaga dengan baik dan sudah disiapkan.


Nantinya jika protokol kesehatan yang dipaparkan pengelola bioskop tersebut akan ditinjau oleh Pemprov Sulsel. “Nanti kita tinjau apakah sudah betul-betul siap untuk dibuka,” kata Nurdin.

Nurdin menjelaskan jika saat ini situasi penyeraban virus corona di Kota Makassar sudah mulai membaik. Kasus COVID-19 dilaporkan sudah melandai sehingga Makassar disebutkan sudah mulai keluar dari zona merah virus corona.

”Karena kita terus melandai (kasus COVID-19). Karena Rt kita hampir sebulan itu sudah dibawah 1, itu ada sekitar 0,8 sekian,” jelas Nurdin. “Dan kita lihat spesimen kita juga naik tapi yang terkonfirmasi postif itu terus menurun.”

Walau sudah diberi lampu hijau oleh Gubernur Sulses, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar masih belum mengizinkan pembukaan bioskop. Pemkot masih menunggu Makassar menjadi zona hijau terlebih dahulu sehingga baru akan membuka bioskop.

”Makassar belum zona hijau,” tegas Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismail Hajiali. “Nanti kalo kita sudah dinyatakan sudah zona hijau dan sudah melalui beberapa tahapan baru kita bicarakan, baru kita bahas terkait bioskop.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait