PDIP Resmi Umumkan Cawalkot Pengganti Risma di Pilkada Surabaya 2020, Siapa?
Nasional

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengumumkan nama paslon jagoan partai mereka di Pilkada Surabaya 2020 secara dramatis dalam konferensi pers virtual pada Rabu (2/9) hari ini.

WowKeren - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya mengumumkan pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan mereka usung di Pilkada 2020. Dalam konferensi pers yang digelar virtual pada Rabu (2/9) hari ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengumumkan bahwa partainya akan menjagokan Eri Cahyadi-Armudji di Pilkada Surabaya 2020.

"Eri Cahyadi-Armudji, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya," tutur Puan. Diketahui, Eri Cahyadi adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, sedangkan Armudji merupakan mantan Ketua DPRD Kota Surabaya.

Sebelum mengumumkan nama paslon yang akan diusung di Pilkada Surabaya, Puan sempat membuat suasana menjadi dramatis. Surat rekomendasi Pilkada Surabaya tak juga dibuka hingga akhir pengumuman.

"Karena memang sampai saat ini surat yang kami pegang masih belum dibuka. Namun agar DPD Jawa Timur bisa segera melakukan konsolidasi, atas arahan Ketum, rekomendasi untuk Kota Surabaya akan saya buka surat rekomendasinya," ujar Puan. "Kok deg-degan semua di Jawa Timur."


Sebagai informasi, pengumuman jagoan PDIP di Pilkada Surabaya tahun ini memang sudah lama dinanti. Pasalnya, PDIP sudah beberapa kali menunda mengumumkan calon pengganti Tri Rismaharini alias Risma tersebut.

Adapun pasangan Eri-Armudji ini mengalahkan nama-nama lain yang sempat muncul dalam bursa calon kepala daerah yang akan diusung PDIP. Beberapa di antaranya adalah Whisnu Sakti Buana dan Puti Guntur Soekarno.

Diketahui, Puti Guntur Soekarno adalah keponakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Nama Puti ramai diperbincangkan usai surat rekomendasi dari DPP PDIP beredar di media sosial.

Dalam surat yang beredar di media sosial tersebut, Puti disebut dipasangkan bersama Lilik Arijanto. Namun, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari membantah isu itu dan menyebut surat rekomendasi tersebut palsu.

PDIP sendiri telah mengumumkan calon kepala daerah yang akan mereka usung di Pilkada Serentak 2020 ini. Di Pilwalkot Solo ada putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, yang dipasangkan dengan Teguh Prakosa. Lalu di Pilwalkot Tangerang Selatan ada keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang maju sebagai calon Wakil Wali Kota mendampingi Muhammad.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait