Terapkan Protokol Kesehatan, PT KAI Sediakan Ruang Isolasi Bagi Penumpang Bersuhu Tubuh Tinggi
Nasional

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mendukung perjalanan jarak jauh, dengan menyediakan ruang isolasi untuk para penumpang bersuhu tubuh 37,3 derajat celsius atau lebih.

WowKeren - Perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) makin banyak dengan adanya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di DKI Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, salah satu pencegahan COVID-19 yang diterapkan KAI adalah menyediakan ruang isolasi sementara di kereta. Tujuan ruang isolasi tersebut untuk menanggulangi jika ada penumpang yang tiba-tiba memiliki suhu 37,3 derajat celsius atau lebih.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika di perjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius," kata Eva dilansir Kompas, Kamis (3/9).


Tak sampai di situ, untuk penumpang dengan suhu tubuh 37,3 derajat tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan. Hal ini karena, para penumpang kereta api akan diukur suhu tubuhnya secara berkala selama perjalanan kereta, hingga penumpang tiba di stasiun akhir. "Pengecekannya minimal tiga jam sekali," terangnya.

Tak hanya itu, PT KAI juga melakukan pencegahan COVID-19 dengan membersihkan dan mendisinfektan secara rutin etiap 30 menit sekali seluruh area dan perangkat yang ada di stasiun. "Kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik," ujarnya.

Untuk para penumpang kereta, diwajibkan untuk menggunakan face shield yang telah disediakan petugas sebelum masuk ke dalam kereta. Jaga jarak fisik atau physical distancing juga wajib diterapkan di dalam kereta api. Para penumpang juga diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Sebelumnya diketahui jika jumlah penumpang kereta api terus mengalami peningkatan hingga PT KAI pun menambah 41 perjalanan. Adapun penambahan ini dilakukan untuk kereta perjalanan jarak jauh pada September 2020.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru