Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot Solo, Massa Pendukung Tumpah ke Jalanan
Facebook/PDIPerjuangan
Nasional

Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Pilkada Serentak 2020 pada Jumat (4/9) hari ini.

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, mendaftar sebagai peserta Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020 pada Jumat (4/9) hari ini. Gibran dan pasangannya, Teguh Prakosa, tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo sekitar pukul 15.30 WIB.

Sedianya, rombongan Gibran-Teguh memang hanya berjumlah puluhan orang mengingat pandemi virus corona (COVID-19) masih melanda. Namun ternyata banyak massa dari simpatisan dan relawan yang tetap menyambut Gibran-Teguh di jalanan.

Massa pendukung Gibran-Teguh terpantau menyebar di sepanjang jalan di depan Kantor KPU Solo dalam kelompok-kelompok kecil. Ketika rombongan Gibran-Teguh tiba di KPU, massa pun bergabung hingga totalnya diperkirakan mencapai 1.000 orang lebih.

Melansir CNN Indonesia, massa tampak berdesakan demi mengabadikan momen kedatangan Gibran-Teguh di Kantor KPU. Beruntung, pihak KPU yang dibantu polisi dapat membatasi jumlah orang yang masuk ke dalam ruangan.

Yang boleh masuk ke dalam ruangan hanya pasangan bakal calon beserta istri dan ketua partai. Sedangkan sekitar 40 orang yang tergabung dalam rombongan tampak menunggu di halaman Kantor KPU Solo.


Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, menyatakan pihaknya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat demi mencegah penularan COVID-19. "Jangan sampai nanti jadi klaster baru. Makanya kita batasi. Khususnya yang boleh masuk ruangan kita batasi hanya 12 orang," ungkap Nurul sebelum kedatangan Gibran.

Di sisi lain, Gibran-Teguh yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut kompak mengenakan baju lurik dengan bawahan batik Sidoluhur dan ikat kepala bermotif Sidomukti. Tujuh kereta kuda disiapkan untuk mengangkut rombongan dari Kantor DPC PDIP Solo.

Rombongan tersebut terdiri dari pasangan bakal calon dan istri masing-masing, petinggi PDIP Solo, dan pimpinan partai pendukung, Gibran dan Teguh sendiri tampak mengayuh sepeda kerbau sembari menyapa warga di sepanjang jalan.

Sayangnya, banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 dalam momen pendaftaran Gibran-Teguh ini. Ketua Tim pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, mengaku pihaknya memang melonggarkan protokol kesehatan karena banyaknya kader yang mengikuti acara tersebut.

"Jauh jauh hari sudah kita sampaikan (protokol kesehatan). Tapi kader kita banyak. Sulit kalau semua harus diketati," ungkap Putut dilansir CNN Indonesia. "Apalagi kita juga mengundang partai-partai pendukung."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait