Masih Fokus Tangani Corona, Pemerintah Tunda Program Pindah Ibu Kota
Nasional

meski program pemindahan ibu kota mengalami penundaan, proses dukungan pada tim komunikasi dan koordinasi strategis tetap mendapat alokasi anggaran di tahun 2021 mendatang.

WowKeren - Pemerintah memastikan proyek pemindahan ibu kota ditunda. Sebab untuk saat ini, pemerintah masih fokus untuk menangani pandemi COVID-19.

Namun meski demikian, proses dukungan pada tim komunikasi dan koordinasi strategis tetap mendapat alokasi anggaran di tahun 2021 mendatang. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

"Mengenai ibu kota negara, terutama untuk komunikasi pada tim rumusan koordinasi," kata Suharso di ruang rapat KK1 DPR, Jakarta, Selasa (8/9) "Sampai hari ini ibu kota negara programnya masih di-hold."

Adapun pagu anggaran yang diusulkan oleh Kementerian PPN/Bappenas untuk tahun 2021 adalah sebesar Rp 1,7 triliun. Jumlah ini naik sebanyak Rp 240 miliar dibanding pagu awal sebesar Rp 1,5 triliun. Adapun alokasi anggaran dukungan untuk tim komunikasi dan koordinasi rencana strategis ibu kota negara masuk dalam program perencanaan pembangunan nasional yang dialokasikan sekitar Rp 831,40 miliar.

Kendati demikian, masih belum ada penjabaran pasti mengenai berapa anggaran untuk program ibu kota. Sementara itu, pengerjaan infrastruktur dasar akan tetap dilakukan.


"Kita tetap dalam rangka persiapan, dan kita melanjutkan masterplan," ungkap Suharso. "Dan pembangunan infrastruktur dasar di kota penyangga seperti Samarinda dan Balikpapan."

Pemindahan ibu kota ini akan dilakukan melalui sejumlah tahapan. Yang pertama adalah perancangan kawasan desain urban. Yang mana tahap ini dilakukan pada periode 2019-2021.

Lalu setelah itu ada tahap perencanaan teknis dan pembangunan infrastruktur PUPR untuk periode 2020-2023. Adapan di periode yang sama jua dilakukan sayembara dan pembangunan Istana Presiden,Wapres, Kompleks MPR/DPR/DPD dan perkantoran kementerian/lembaga hingga 2024.

Sedangkan untuk tahap pemindahan ibu kota sendiri akan dilaksanakan secara bertahap pula. Prosesnya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 20 tahun mulai 2024 hingga 2045 mendatang.

Sementara itu, hingga kini masih belum jelas kapan pandemi corona akan berakhir. Kondisi semacam ini tak hanya dialami oleh Indonesia namun juga negara-negara di dunia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru