Kapolri Ganti Seragam Satpam Jadi Mirip Polisi, Ternyata Ini Maknanya
Nasional

Sebelumnya, ketentuan seragam ini telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi Perusahaan dan/atau Instansi Lembaga Pemerintah

WowKeren - Warna seragam satpam akan mengalami perubahan hingga mirip dengan seragam polisi. Adapun aturan terkait perubahan warna seragam ini termaktub dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

"Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jakarta Selatan, Senin (14/9).

Ia menjelaskan nantinya akan ada 5 jenis pakaian dinas anggota. Termasuk di antaranya pakaian dinas harian atau PDH dan pakaian dinas lapangan khusus atau PDLSus.

"Jadi terdapat 5 jenis pakaian dinas anggota satpam disertai dengan pangkatnya," kata dia menjelaskan. "Pakaian dinas harian atau PDH, pakaian dinas lapangan khusus atau PDLSus, pakaian dinas lapangan satu atau PDL Satu, pakaian sipil harian atau PSH, pakaian sipil lengkap atau PSL."


Sebelumnya, ketentuan seragam ini telah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi Perusahaan dan/atau Instansi Lembaga Pemerintah. "Tetap dapat digunakan dan wajib menyesuaikan dengan peraturan kepolisian ini paling lambat satu tahun terhitung sejak peraturan kepolisian ini diundangkan," ujar Awi.

Ia kemudian menjelaskan makna filosofi penggunaan warna cokelat. Menurutnya, warna cokelat seragam satpam merupakan warna alami yang identik dengan warna tanah dan kayu.

"Bahwasannya untuk filosofi seragam satpam yang warna cokelat muda atau baju," lanjut Awi. "Dan cokelat tua untuk celana, dengan makna cokelat identik dengan warna tanah atau bumi kayu yang berarti warna alami."

Selain itu, cokelat merupakan warna netral yang memiliki sejumlah makna. "Yang melambangkan kebersahajaan, pondasi stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya keanggunan, ketabahan, dan kejujuran," sebutnya.

Ia pun berharap dengan kesamaan warna ini, polisi dan satpam bisa menjalin kedekatan emosional. Selain itu juga diharapkan mampu menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru