Pastikan Merata ke Seluruh Indonesia, Kemenhub Susun Rute Distribusi Vaksin COVID-19
Pxhere/Ilustrasi
Nasional

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menuturkan jika rute yang digunakan untuk menyalurkan vaksin adalah hal yang sangat penting

WowKeren - Pemerintah tengah menjalin kerja sama untuk bisa menyediakan vaksin bagi masyarakat. Produksi massal vaksin akan dilakukan secara bertahap.

Oleh sebab itu, penyebarannya pun juga harus merata. Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah menyusun rencana dalam membantu distribusinya melalui transportasi jika vaksin COVID-19 selesai dan siap untuk masyarakat.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menuturkan jika rute yang digunakan untuk menyalurkan vaksin adalah hal yang sangat penting. "Pada masa COVID-19 apabila vaksin selesai maka rute yang digunakan untuk mendistribusikan ke seluruh Indonesia sangat vital," kata dia dalam webinar, Kamis (17/9).

Untuk menyusun rencana dalam pendistribusian vaksin, pemerintah akan bekerja sama dengan berbagai pihak. "Tentu kita akan kerja sama dengan moda transportasi lain dan operator yang ada di seluruh Indonesia," tutur Novie.


Rencananya, pemerintah akan menggunakan jalur tol laut dan tol udara untuk pendistribusian vaksin di wilayah Indonesia timur dan barat. Kemenhub telah menyiapkan konektivitas kargo udara terutama sebagai bantuan menyambung kargo tol laut, sehingga aktivitas intermoda yang lebih efisien terbentuk.

"Untuk konektivitas kargo, kalau melihat di seluruh Indonesia kondisi kargo ada angkutan laut ada intermoda," ujar Novie, Kamis (17/9). "Sebagai contoh di Papua, itu akan ada konektivitas tol laut yang sampai ke Papua, kemudian disambung pesawat udara disampaikan ke dalam pedalaman Papua."

Sementara itu di Papua saat ini ada 109 bandara yang beroperasi. bandara-bandara itu telah terkoneksi menggunakan pesawat ukuran besar dan kecil yang dipergunakan untuk mengangkut orang dan barang.

Sejumlah daerah di Papua menjadikan transportasi udara sebagai yang utama, sehingga aktivitas udara ini vital untuk Papua dan bisa disambungkan dengan tol laut. Sementara itu untuk tol laut, saat ini ada 26 rute yang pelayarannya dioperasikan oleh pemerintah, BUMN, dan swasta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru