Heran Luhut Dipercaya Jokowi Tekan Corona, Komisi IX DPR: Seharusnya Kementerian Kesehatan
Nasional

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani, menilai persoalan penanganan COVID-19 seharusnya diserahkan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

WowKeren - Langkah Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menangani pandemi corona di sembilan provinsi prioritas dalam waktu dua pekan. Langkah Jokowi yang mempercayakan penanganan COVID-19 kepada Luhut ini lantas disorot oleh anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani.

Menurut Netty, persoalan penanganan COVID-19 seharusnya diserahkan kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. "Seharusnya Kementerian Kesehatan menjadi leading sector dalam penanganan pandemi ini. Bagaimana kita akan membangun sistem manajemen nasional yang baik jika kementerian terkait tidak diberi kewenangan luas untuk melakukan tupoksinya," tutur Netty dilansir Republika pada Jumat (18/9).

Lebih lanjut, Netty mengaku memahami pemerintah yang harus cepat tanggap dalam menangani pandemi corona di sembilan provinsi tersebut. Namun Netty menilai setiap kebijakan yang diambil sebaiknya sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik, termasuk dengan mempertimbangkan tupoksi setiap elemen terkait.

"Kenapa yang ditunjuk adalah Menko Kemaritiman dan Investasi yang tidak bersentuhan langsung dengan bidang kesehatan?" ujar Netty. "Bukankah beberapa waktu lalu Presiden menyampaikan akan memprioritaskan kesehatan dibanding pemulihan ekonomi?"


Selain itu, Netty juga menyoroti persoalan di sektor kesehatan yang belum tertangani dengan baik. Beberapa di antaranya adalah lonjakan kasus corona yang meningkat secara signifikan, masih minimnya dukungan dan perlindungan terhadap nakes, kekurangan APD, hingga kapasitas rumah sakit.

"Seharusnya menjadi domain Kementerian Kesehatan untuk menyelesaikannya dengan baik," jelas Netty. "Terlalu banyak kepala mengurusi manajemen pandemi, alih-alih beres malah menimbulkan krisis."

Oleh sebab itu, Netty meminta agar pemerintah segera menunjukkan aksi dan bukti penanganan pandemi corona dengan baik. Pemerintah juga diminta menunjukkan bahwa penunjukkan personal penanggungjawab didasari pertimbangan terbaik, bukan hanya asal tunjuk. "Saya menunggu greget pemerintah," pungkas politisi PKS tersebut.

Sebelumnya, pihak Istana telah memberikan penjelasan mengenai penunjukkan Luhut dalam menangani corona di sembilan provinsi prioritas ini. Menurut Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian, hal ini menunjukkan kepercayaan Jokowi kepada Luhut. Selain itu, posisi Luhut sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian COVID-19 juga membuatnya berwenang untuk melaksanakan perintah Jokowi tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru