Waspada! Ancaman Tsunami Besar 10 Kota di Jawa Ini
pxhere.com
Nasional

BNPB bersama Australian Agency for International Development (AusAID) melakukan riset terkait 'Kajian Nasional Bahaya Tsunami di Indonesia' yang menyebutkan 10 wilayah di Pulau Jawa berpotensi terkena tsunami besar.

WowKeren - Masyarakat Indonesia beberapa waktu terakhir dihebohkan dengan prediksi tsunami setinggi 20 meter di selatan Jawa. Riset tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Serupa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Australian Agency for International Development (AusAID) melalui Australia Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) juga melakukan riset terkait "Kajian Nasional Bahaya Tsunami di Indonesia". Menurutnya, ada beberapa wilayah di Pulau Jawa yang berpotensi terkena tsunami besar dengan ketinggian lebih dari 3 meter.

Dikutip dari CNBC Indonesia, 10 wilayah di Pulau Jawa yang berpeluang mengalami tsunami besar antara lain, Jawa Barat (Garut, Cianjur, Ciamis, Tasikmalaya, dan Sukabumi ); Jawa Tengah (Purworejo, Wonogiri, dan Kebumen); Kabupaten Blitar, Jawa Timur; dan Pandeglang Banten.

Peta-peta tsunami ini didasarkan pada metodologi kajian bahaya tsunami secara probabilitas yang memungkinkan untuk memperkirakan ketinggian tsunami dari berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi. Temuan utama dalam kajian tersebut adalah wilayah dengan peluang terbesar untuk mengalami peringatan tsunami besar, yaitu tsunami lebih tinggi dari 3 meter dalam kurun setiap satu tahun adalah Lampung Barat, Kepulauan Mentawai dan Nias.


Diikuti oleh wilayah pesisir selatan Jawa, pesisir barat daya Sumatera dan beberapa bagian dari Bali dan Nusa Tenggara Barat yang semuanya memiliki peluang sebesar 2-10 persen.

Adapun wilayah dengan bahaya tsunami rendah adalah wilayah pesisir utara Jawa, pesisir timur Sumatra, dan pesisir Barat dan Selatan Kalimantan, serta pesisir selatan Papua. Temuan tersebut juga menyoroti bahwa wilayah pesisir barat Sumatera, pesisir selatan Jawa dan Nusa Tenggara Barat dan Timur memiliki peluang bahaya tsunami terbesar di Indonesia.

Namun demikian, beberapa bagian di Indonesia timur, termasuk pesisir utara Papua, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara memiliki bahaya tsunami yang tinggi dan memiliki potensi untuk mengalami tsunami besar dan menghancurkan.

Wilayah-wilayah di Indonesia timur ini belum menerima banyak perhatian dan model tsunami-nya belum dimasukkan dalam sistem Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS), akan tetapi temuan dari studi ini menunjukkan bahwa bahaya tsunami di daerah tersebut tinggi dan membutuhkan upaya lebih lanjut.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts