Bioskop Kembali Dibuka, Satgas COVID-19 Diminta Awasi Protokol Kesehatan
Nasional

Jika dalam pelaksanaannya ada bioskop yang melanggar ketentuan maka harus diberikan sanksi tegas. Pemberian kelonggaran terhadap pelanggaran sekecil apapun sebaiknya tidak dilakukan

WowKeren - Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) merekomendasikan Gugus Tugas COVID-19 dan Dinas Kesehatan memantau penerapan protokol pencegahan COVID-19 di bioskop. Seperti diketahui, sejumlah bioskop telah mendapat lampu hijau untuk kembali buka di tengah pandemi.

Ketua PDIB James Allan Rarung mengatakan jika penerapan protokol kesehatan ini sifatnya wajib. Pengawasan ini dinilai perlu untuk dilakukan setiap hari.

"Penerapan protokol kesehatan adalah bersifat wajib. Tentunya apabila telah mendapatkan izin operasional untuk kembali dibukanya bioskop-bioskop, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya," kata James, dilansir Antara, Senin (26/10). "Maka dalam hal pengawasan harus dilakukan setiap hari, baik oleh Gugus Tugas COVID-19 setempat maupun Dinas Kesehatan."


Jika dalam pelaksanaannya ada bioskop yang melanggar ketentuan tersebut maka harus diberikan sanksi tegas. Pemberian kelonggaran terhadap pelanggaran sekecil apapun sebaiknya tidak dilakukan, Sebab jika hal ini dibiarkan maka tak menutup kemungkinan akan semakin besar sehingga pengabaian dikhawatirkan akan semakin marak.

"Karena apabila hal tersebut dibiarkan meskipun dianggap yang dilanggar adalah hal kecil, namun dengan pembiaran maka akan menyebabkan semakin hari akan menjadikan pengabaian terhadap semua aturan dan prosedur dalam masa pandemi COVID-19 ini."

Sebab jika pelanggaran diabaikan maka justru dikhawatirkan akan melahirkan klaster baru dari bioskop. Untuk menekan semaksimal mungkin penularan, maka penggunaan masker dan kaca mata pelindung serta menjaga jarak tempat duduk harus dipatuhi oleh setiap orang.

Begitu juga dengan ruangan bioskop, diharapkan memiliki sistem sirkulasi udara yang memadai. "Pada intinya adalah patuh dalam menjalankan protokol kesehatan dan fungsi pengawasan setiap hari serta sanksi tegas bagi yang melanggar," tutur James.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait