Gramedia Mal Taman Anggrek Tutup Usai 15 Tahun Beroperasi, Begini Nasib Karyawannya
Nasional

Jumlah kunjungan (traffic) juga menjadi salah satu pertimbangan perusahaan tidak memperpanjang masa sewa di Mal Taman Anggrek yang selesai pada bulan Oktober 2020 ini.

WowKeren - Gerai toko buku Gramedia di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, terpaksa ditutup usai 15 tahun beroperasi. Pihak perusahaan tidak akan memperpanjang masa sewa di Mal Taman Anggrek yang selesai pada bulan Oktober 2020 ini.

"Betul tutup. Memang beberapa tempat terutama di mal sewanya sudah habis," ungkap Public Relations Manager PT Gramedia Asri Media, Rezza Patria Wibowo, dilansir CNN Indonesia pada Senin (26/10). "Kemudian Gramedia tidak melanjutkan lagi sewanya."

Lebih lanjut, Rezza menjelaskan bahwa pertimbangan perusahaan untuk tidak memperpanjang masa sewa di Mal Taman Anggrek adalah karena masih adanya gerai lain di dekat kawasan tersebut, yaitu di Mal Ciputra dan Mal Central Park. Dengan demikian, para pelanggan Gramedia masih bisa mengunjungi toko buku di kedua lokasi tersebut.

"Pertimbangannya mana yang duluan habis (masa sewa), kebetulan Mal Taman Anggrek yang duluan habis kontraknya," jelas Rezza. "Kemudian di-review dengan sewa dan lain-lain, kami pikir akan lebih baik dengan mempertahankan (gerai) di CP dan Ciputra, karena itu satu jalan satu deret, jadi pertimbangannya itu sewanya bisa kami kurangi."


Tak hanya itu, jumlah kunjungan (traffic) juga menjadi salah satu pertimbangan perusahaan. Menurut Rezza, kunjungan ke Gramedia Mal Taman Anggrek mulai berkurang sejak adanya kehadiran mal baru di sekitar lokasi tersebut. Pasalnya, pelanggan sudah mulai tersebar ke pusat perbelanjaan lain.

"Selain sewa, jadi ketika traffic juga sudah mulai kurang pasti kami akan review. Kebetulan kalau misalnya traffic, mungkin juga ke toko terdekat yang lain, mungkin orang-orang ke sana, kesebar," tutur Rezza. "Ketika buka di Mal CP ternyata pelanggannya bukan jadi plus dua, mungkin kalau nambah sedikit."

Sementara itu, para karyawan Gramedia Mal Taman Anggrek dipastikan tidak akan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). "Tidak ada PHK, biasanya kami sebar ke tempat lain yang membutuhkan," ujar Rezza.

Rezza sendiri memperkirakan jumlah pegawai Gramedia Mal Taman Anggrek berjumlah sekitar 30 orang. Jumlah tersebut belum termasuk para karyawan outsourcing seperti petugas kebersihan dan satpam.

"Kalau karyawan pasti nanti ada beberapa kami akan sebar di toko sekitar. Jadi, memang karyawan ada yang kontrak dan tetap," pungkasnya. "Kalau karyawan tetap kami sebar. Dan karyawan kontrak, kalau kontraknya masih ada kami sebar ke tempat lain di sekitar sana."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts