Ini Kesaksian Sopir Truk yang Dihadang Komodo Saat Bangun 'Jurassic Park' di Pulau Rinca
Nasional
Proyek Jurrasic Park di Pulau Komodo

2 pengemudi truk yang viral karena dihadang seekor komodo saat membangun 'Jurassic Park' di Pulau RInca, NTT, angkat bicara. Mereka membeberkan kisah asli di balik foto viral itu.

WowKeren - Dunia maya dibuat geger dengan aksi seekor komodo yang menghadang sebuah truk di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Usut punya usut, rupanya keberadaan kendaraan besi dan sang biawak raksasa yang saling berhadapan ini bermula dari rencana pembangunan "Jurassic Park" di pulau tersebut.

Dilaporkan Florespedia.com yang kemudian dikutip Kumparan, terungkap kedua sopir yang terpotret berlindung di bagian atap truk itu bernama Kansas (22) dan Toni (33). Menurut Kansas, kejadian ini bermula dari truk yang mereka tumpangi terjebak di jalur berlumpur dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

"Kita lagi muat besi, terus sampai di lokasi kejadian ini, mobilnya tertanam dan tidak bisa melanjutkan perjalanan," beber Kansas, mengungkap bahwa truk mereka tengah membawa material berupa besi. "Waktu itu pas jam 3 sore (waktu setempat)."

Kansas dan Toni lantas memilih untuk mematikan saja mesin truk mereka. Tak disangka, setelah itu datanglah seekor komodo dari arah berlawanan. Kansas dan Toni yang memang baru melihat komodo merasa ketakutan dan memilih naik ke atap truk berwarna hijau pudar itu.

"Setelah itu pas jam 15.30 WITA kelihatan komodo dari sana, dari depan situ. Tapi mobilnya, posisi mesinnya mati," ungkap Kansas yang berasal dari Kabupaten Ende, Flores itu. "Dan komodonya itu bukan langsung dari arah depan tapi dari samping, jaraknya sekitar satu meter lebih disamping mobil itu."


"Akhirnya saya dan teman ini menghindari naik ke atas truk," imbuhnya. "Karena kita juga baru pertama kali liat komodo, kita juga takut."

Toni pun ikut menyampaikan hal serupa. Menurutnya, komodo itu bukannya menghadang, seperti narasi yang beredar viral di media sosial, tetapi memang sedang lewat seperti biasa.

Toni yang memang pekerja dari Pulau Jawa, yang benar-benar tak pernah melihat komodo langsung seumur hidupnya, memilih untuk langsung memanjat ke atap truk demi menyelamatkan diri. Baik dirinya maupun Kansas tidak tahu siapa yang mengunggah potret itu hingga menjadi viral.

Ridwan, seorang Naturalist Guide atau Ranger (pemandu wisata) di sekitar lokasi kejadian membenarkan peristiwa tersebut. Memang banyak wisatawan yang ikut menyaksikan insiden tersebut dan mengabadikannya lewat bidikan lensa kamera.

"Untuk kejadian kemarin memang komodo berpapasan dengan mobil karena pada saat itu saya lagi memandu tamu," terang Ridwan. "Pada saat itu, komodo hanya lewat dan saya lihat teman-teman yang ada di mobil sudah aman karena saya lihat posisi mereka sudah diatas mobil."

Terkait dengan komodo yang melintas, Ridwan menjelaskan bahwa jalur itu memang biasa dilalui oleh hewan dengan nama ilmiah Varanus komodoensis itu. "Iya ini memang jalur lintasan komodo, karena mereka tidak punya wilayah dimana mereka harus tinggal dan menetap disitu selamanya, jadi mereka harus bergerak," jelas Ridwan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts