Fasilitas Bandara Soekarno-Hatta Rusak Kala Penjemputan Habib Rizieq, PA 212 Mohon Maaf
Nasional

Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin, mengungkapkan bahwa sebenarnya pihaknya tidak mengundang massa untuk menjemput Habib Rizieq pada Selasa (10/11).

WowKeren - Membludaknya massa yang menyambut kedatangan Habib Rizieq membuat sejumlah fasilitas umum di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mengalami kerusakan. Di antaranya adalah tanaman dan kursi tunggu penumpang yang rusah akibat terinjak-injak oleh massa.

Kekinian, Persaudaraan Alumni (PA) 212 pun meminta maaf atas kerusakan tersebut. "Kami dari tim inti penjemputan IB HRS menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangannya," tutur Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin, dilansir detikcom pada Rabu (11/11).

Menurut Novel, pihaknya tidak mengundang massa untuk menjemput Habib Rizieq. Dengan demikian, tidak ada panitia khusus yang dibentuk untuk mengatur massa penjemput Habib Rizieq di bandara.

"Memang masa dahsyat luar biasa banyaknya membludak tak terbendung hingga menjadi lautan manusia," ungkap Novel. "Padahal kami tidak mengundang dan tidak membentuk panitia sehingga semuanya spontan dan di luar kontrol kami."


Sebelumnya, pihak bandara telah buka suara atas kerusakan fasilitas umum tersebut. Vice Presiden PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengungkapkan jika pihaknya akan segera mengganti fasilitas-fasilitas yang rusak tersebut. Ia mengakui jika kerusakan fasum disebabkan karena massa yang datang begitu banyak dan tidak terkontrol.

Namun yang jelas, ia memastikan jika kerusakan ini bukan disebabkan karena tindak anarkis. Selain itu, aksi penjemputan tersebut juga dikawal oleh TNI dan Polri.

"Ini bukan kejadian anarkis, karena padat sekali orang di sana. Masa banyak sekali, simpatisan banyak sekali dan mereka berdiri di atas bangku dalam jumlah banyak tentu menjadi patah," jelas Yado pada Selasa (10/11). "Itu kejadian crowded sekali, sudah dikawal juga polri TNI, dan tidak ada anarkisme sama sekali."

Ia memastikan jika pihaknya akan segera mengganti fasilitas dengan yang baru. "Langsung, kita replace dengan yang baru," pungkasnya.

Selain kerusakan fasilitas umum, kedatangan Habib Rizieq juga membuat sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan alias delay di hari itu. Menurut Angkasa Pura II, ada 118 penerbangan yang tertunda pada Selasa pagi hingga pukul 12.00 WIB. Jumlah tersebut terdiri dari 110 penerbangan rute domestik dan delapan rute internasional.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru