COVID-19 RI Tembus Setengah Juta, DPR Tegaskan Pilkada Tetap Lanjut
Nasional

Komisi II DPR RI menegaskan Pilkada Serentak 2020 akan tetap berlangsung meski kasus COVID-19 di Tanah Air menembus angka 502.110. Menurutnya, klaster pilkada dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan.

WowKeren - Komisi II DPR RI menegaskan Pilkada Serentak 2020 tetap lanjut meski jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Bahkan pada Senin (23/11) kemarin, angka COVID-19 RI menembus angka 500 ribu.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Thomafi mengatakan anggota parlemen masih optimistis semua pihak bisa mencegah timbulnya klaster pilkada. "Pilkada itu kami lanjutkan karena ada jaminan dari pemerintah, jaminan dari penyelenggara bahwa semua bisa menerapkan protokol kesehatan," kata Arwani dilansir CNNIndonesia, Selasa (24/11).

Arwani menyampaikan tak ada rencana perubahan skema Pilkada. Pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 tetap akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Politikus PPP itu menuturkan, pemerintah dan penyelenggara Pilkada harus bisa memastikan protokol kesehatan diterapkan pada hari pemungutan suara. Ia juga meminta penindakan terhadap pelanggar protokol kembali diterapkan. "Semua stakeholder untuk mematuhi protokol dan juga ketegasan aparat dalam menertibkan," ujarnya.


Terpisah, anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Zulfikar Arse juga memastikan kelanjutan Pilkada meski kasus infeksi virus corona tembus lebih setengah juta kasus. Menurutnya, hampir tidak ada opsi penundaan dalam waktu yang sudah mepet ini.

"Lanjut tapi ketat, dengan protokol kesehatan semua pihak, pesertanya, pemilihnya, penyelenggaranya, satgasnya, Pemda, aparat penegak hukumnya," ujar Zulfikar. Ia kemudian merujuk pada data Satgas COVID-19 yang menyebutkan jika jumlah zona merah menurun.

Data tersebut menunjukkan pilkada bisa dijalankan jika penegakan protokol diperketat. "Operasi yustisi perlu digencarkan lagi, khususnya di daerah dan tahapan Pilkada," tuturnya.

Seperti yang telah diketahui, pada Senin (23/11) kemarin, terjadi pertambahan kasus COVID-19 sebanyak 4.442 orang. Sehingga jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Tanah Air telah menembus setengah juta kasus, lebih tepatnya 502.110.

Adapun jumlah pasien COVID-19 yang dilaporkan sembuh bertambah sebanyak 4.198 orang. Sehingga jumlah pasien sembuh telah mencapai 422.386 orang atau 84,1 persen dari jumlah keseluruhan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait