Ada Jejak Hewan Liar Di Jalur Pengungsian, Berkaitan dengan Kondisi Merapi?
Nasional

Jejak hewan liar yang diduga milik macan tutul ditemukan di jalur evakuasi pengungsi erupsi Gunung Merapi. Jejak kaki itu menempel di beton yang belum mengeras

WowKeren - Jejak hewan liar yang diduga macan tutul ditemukan di jalur evakuasi pengungsi erupsi Gunung Merapi pada Jumat (20/11). Jejak kaki ditemukan di sepanjang jalur Suruh-Singlar, dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, DIY.

"Berawal dari kecurigaan," kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Glagaharjo Kopral Satu (Koptu) Eko Widodo seperti dikutip dari Solopos, Selasa (24/11). "Saya kejar, ternyata mereka (warga) melihat jejak satwa yang diduga macan tutul tersebut."

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, jejak satwa yang belum bisa dipastikan macan atau satwa lainnya menempel di beton yang belum mengeras. Lebih jauh, Eko mengatakan jika pada 2018 silam pasca erupsi freatik Gunung Merapi, ia bersama Resort Taman Nasional Gunung Merapi wilayah Cangkringan pernah melakukan pengecekan.

Dari keterangan warga memang banyak yang menyebut adanya keberadaan macan tutul. Namun ini hanya sebatas keterangan warga. Sedangkan untuk visualnya masih belum ada kepastian.


"Kami juga menggali informasi dari beberapa warga yang melaksanakan aktivitas di sekitar sini (tempat ditemukannya jejak satwa). Ada yang melihat. Katanya memang macan jenis tutul," jelas Eko. "Tapi, keberadaannya macan tutul tersebut sampai sekarang hanya dari keterangan warga, untuk visualnya sendiri belum ada sampai sekarang."

Ia menilai jika aktivitas satwa yang melintas di jalur pendakian, tidak ada kaitannya dengan aktivitas Merapi. Aktivitas macan tutul ini juga dianggap tidak mengganggu warga.

"Memang di sini perlintasan dari satwa itu. Bukan karena aktivitas Merapi naik terus hewan dari atas turun, itu tidak benar. Memang habitatnya dari dulu sekitar sini dan ini perlintasan mereka," lanjutnya. "Untuk warga pun tidak terganggu, satwa juga tidak terganggu. Sudah saling tahu kebutuhan masing-masing."

Selama ini, sejumlah makhluk yang muncul dari gunung dipercaya menjadi pertanda alam bagi masyarakat untuk segera mengungsi karena akan terjadi letusan. Hewan yang biasanya turun gunung adalah ular dan kijang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait