Sempat Cetak Rekor Terendah, Angka Kemiskinan RI Diprediksi Naik Tajam di 2021
Nasional

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad memprediksi jika tingkat kemiskinan pada 2021 akan melonjak imbas pandemi.

WowKeren - Pandemi virus corona telah membuat perekonomian negara terpuruk. Gelombang PHK terjadi di banyak tempat. Pandemi yang berkepanjangan pun bukan tidak mungkin akan menambah angka kemiskinan di Indonesia.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad memprediksi jika tingkat kemiskinan pada 2021 akan melonjak. bahkan berada di angka dobel digit. Diprediksi akan ada sekitar 28,37 juta penduduk yang jatuh ke jurang kemiskinan. Ini artinya, jumlah kemiskinan akan kembali seperti sebelum era Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Di 2021 kami melihat memang penduduk miskin jebol kembali di atas 2 digit sekitar 10,5 persen," kata Tauhid dalam webinar, Senin (23/11). "Ini yang saya kira kita akhirnya kembali lagi ke periode awal Pak Presiden (Jokowi) penduduk miskin tembus lagi di atas 10 persen."


Sebelumnya pada 2018 lalu, angka kemiskinan di Indonesia sempat mencetak rekor. Pada Maret 2018, persentase penduduk miskin Indonesia untuk pertama kalinya di angka satu digit alias 9,82 persen atau 25,95 juta orang.

Peningkatan angka kemiskinan dibarengi dengan jumlah pengangguran yang terus bertambah. Ada 10,4 juta orang yang diprediksi bakal menganggur di 2021. "Penambahan pengangguran tidak bisa dielakkan. Penganggurannya ada tambahan sekitar 3,6 juta jiwa, (jadi) 10,4 juta pengangguran orang yang terjadi 2021," ujarnya menambahkan.

Sementara itu di lain sisi, jumlah angkatan kerja baru juga meningkat. "Ada peningkatan angkatan kerja baru yang tidak terserap secara utuh kurang lebih 2,5 juta dan 1,1 juta sebagai akibat COVID yang masih tidak terserap sampai 2021," jelasnya.

Kondisi ini tak lepas dari program Pemulihan Ekonomi (PEN) yang dinilai tidak kuat menahan konsumsi masyarakat rentan miskin. Meski pun ada banyak investasi yang masuk namun hal itu tak serta merta akan membuka akan menciptakan lapangan kerja.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait