Waduh! Masih Ada APD dan Thermo Gun yang Belum Tiba di TPS Jelang Pilkada
Nasional

Kabar kurang sedap datang dari Ketua Bawaslu RI Abhan yang menyebutkan jika belum semua logistik terutama alat pelindung diri (APD) dan thermo gun dari KPU terdistribusi ke seluruh wilayah TPS.

WowKeren - Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 tinggal menghitung hari lagi. Namun berita tak baik datang dari Ketua Bawaslu RI Abhan yang mengatakan jika belum semua logistik terutama alat pelindung diri (APD) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdistribusi ke seluruh wilayah tempat pemungutan suara (TPS).

Seperti yang telah diketahui, Pilkada Serentak 2020 bakalan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Abhan menyoroti belum semuanya APD khususnya thermo gun atau alat pengukur suhu tubuh sebagai standar pemeriksaan protokol kesehatan kepada pemilih di hari pemungutan suara yang terpenuhi.

"Thermo gun itu saya kira ini pintu masuk untuk mendeteksi orang, pemilih ya. Karena kan tentu pemilih ini tidak semuanya pernah rapid misalnya kan," ujar Abhan dalam konferensi virtual Bawaslu, Jumat (4/12). "Maka deteksi awalnya adalah di thermo gun."


Ia menilai, ketiadaan thermo gun di TPS sangat berbahaya. Mengingat seluruh orang yang hendak masuk ke area TPS harus dipastikan suhu tubuhnya tidak tinggi untuk mencegah dari gejala atau paparan COVID-19.

"Akan sangat berbahaya mana kala ketidaktersediaan thermo gun di area pemungutan di TPS itu. Tentu kalau masker saya kira masyarakat sudah banyak yang sadar pakai masker. Kecuali ada satu dua di TPS saya kira TPS dalan hal ini KPPS sudah menyiapkan itu," katanya. "Tetapi thermo gun, hand sanitizer dan saya kira yang thermo gun ini yang penting untuk harus dipastikan semua TPS harus ada."

Kendati demikian, Abhan berharap KPU tetap optimis di sisa lima hari menjelang pemungutan suara untuk bisa memenuhi semua kebutuhan logistik Pilkada khususnya yang terkait keselamatan pemilih dalam melakukan protokol kesehatan.

"Kami berharap ini masih ada waktu lima hari ini ya ada waktu lima hari," pungkasnya. "Maka tentu kami bersama-sama saling mengingatkan kepada KPU ya untuk beberapa hal APD, logistik-logistik lain agar area pemungutan ini tidak terhambat oleh logistik yang tidak tersedia."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru