Banyak Paslon Terkait Dinasti Politik Maju di Pilkada, Nagara Institute: Kita Tak Akan Kemana-mana
Nasional

Menurut lembaga riset Nagara Institute, terdapat 124 calon kepala daerah (Cakada) di Pilkada Serentak 2020 yang terkait dengan elite kekuasaan, baik di tingkat lokal maupun pusat.

WowKeren - Lembaga riset Nagara Institute telah memetakan calon-calon kepala daerah yang terafiliasi dengan dinasti politik dalam Pilkada Serentak 2020. Hasilnya, terdapat 124 Cakada yang terkait dengan elite kekuasaan, baik di tingkat lokal maupun pusat.

Beberapa di antaranya adalah putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, yang maju sebagai Cawalkot Solo, dan juga menantu Jokowi, Bobby Nasution, yang maju sebagai Cawalkot Medan. Lalu ada juga keponakan mantan Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah, Pilar Saga Ichsan; hingga istri Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Ipuk Fiestiandini.

Direktur Eksekutif Nagara Institute Akbar Faisal lantas menyatakan bahwa dinasti politik akan menghambat pembangunan sebuah daerah. Pasalnya, kepala daerah yang terafiliasi dengan dinasti politik kemungkinan hanya akan mengambil pendekatan lama dalam kepemimpinannya.

"Kita tidak akan ke mana-mana, membahas masa depan daerah dengan pendekatan lama," tutur Akbar dilansir Tempo, Kamis (10/12). "Kebijakan yang ekstrem, melawan arus, dan baik bagi masa depan daerah tidak akan diambil."


Sebagai contoh, Akbar khawatir pengelolaan keuangan daerah berpotensi diisi oleh politik balas jasa kepala daerah kepada para pihak yang membantu pemenangannya. Selain itu, Akbar juga menyoroti potensi penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan keuangan yang pada titik tertentu bisa melanggar hukum.

Lebih lanjut, Akbar menilai bahwa langgengnya dinasti politik ini menunjukkan bahwa publik belum cukup mendapatkan pendidikan politik. Menurut Akbar, hal ini seharusnya menjadi salah satu tugas partai politik (parpol).

"Saya tidak yakin pilihan kearifan itu mendatangi partai politik karena mereka menikmatinya," pungkas Akbar. "Itu bisa kita lihat bagaimana euforia mereka yang mengatakan kami menang di sini, menang di situ."

Di sisi lain, Gibran anak Jokowi unggul dalam sejumlah quick count Pilkada Solo 2020. Apabila Gibran berhasil memenangkan Pilkada Solo tahun ini, maka Jokowi akan mencetak sejarah baru dengan menjadi Presiden pertama Indonesia yang memiliki anak Wali Kota aktif. Begitu pula sebaliknya Gibran akan menjadi Wali Kota pertama yang ayahnya merupakan Presiden aktif.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait