Habib Rizieq Datangi Polda Metro Jaya, Polisi: Dia Menyerahkan Diri
Nasional

Habib Rizieq tampak didampingi oleh tim kuasa hukumnya pada Sabtu (12/12) hari ini. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut mengaku siap diperiksa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

WowKeren - Imam Besar FPI Habib Rizieq mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Sabtu (12/12) hari ini. Diketahui, Habib Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan saat acara pernikahan putrinya.

Habib Rizieq tampak didampingi oleh tim kuasa hukumnya. Kala turun dari mobil dan memasuki gedung tempat pemeriksaan, Habib Rizieq tampak mengenakan masker.

Pentolan FPI tersebut mengaku siap diperiksa sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutur Habib Rizieq.

Lebih lanjut, Habib Rizieq mengaku tidak melakukan persiapan apa pun terkait pemeriksaan pada hari ini. Ia hanya menyebut akan menjawab semua pertanyaan yang diajukan tim penyidik.

"Persiapan tidak ada, kita jawab, kita selesaikan," kata Habib Rizieq. "Saya Alhamdulillah selalu sehat walafiat."


Sementara itu, pihak Polda Metro Jaya memastikan tidak ada pemanggilan kepada Habib Rizieq pada hari ini. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut bahwa Habib Rizieq menyerahkan diri ke polisi karena takut.

"Tidak ada pemanggilan untuk MRS (Muhammad Rizieq Shihab) hari ini. Dia menyerahkan diri," jelas Yusri. "Dia takut, sehingga dia menyerah."

Yusri pun mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan kesempatan sebanyak dua kali kepada Habib Rizieq dengan melakukan pemanggilan. Namun Habib Rizieq sebelumnya tidak memenuhi kedua pemanggilan tersebut.

Kini, pihak kepolisian akan memberikan surat penangkapan terhadap Habib Rizieq terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan pemeriksaan. "Kita serahkan surat penangkapan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan, baru kemudian kita periksa sebagai tersangka," pungkas Yusri.

Sebelumnya, Habib Rizieq telah meminta agar para pengikutnya tidak perlu hadir untuk mengawalnya ke Polda Metro Jaya. Ia juga mewanti-wanti pengikut dan simpatisannya untuk tak membuat kerumunan. Mengingat, saat ini masih di tengah pandemi virus corona.

Peringatan ke pengikutnya untuk tidak membuat kerumunan ini merupakan bagian dari komitmen untuk tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19. "Untuk mengatasi pandemi di kita punya negeri," kata Habib Rizieq melalui siaran yang ditayangkan pada akun YouTube FPI, Sabtu (12/12).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait