Sosok Ini Bongkar Risma Ditunjuk Jokowi Jadi Mensos Gantikan Juliari, Benarkah?
Nasional

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebutkan oleh sosok ini telah ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) gantikan Juliari Batubara. Benarkah?

WowKeren - Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo masih mengalami ketimpangan. Hal ini terjadi setelah dua menterinya, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma kini digadang-gadangkan akan menjadi Mensos dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Bahkan, Jokowi disebut telah menunjuk Risma untuk menjadi Mensos menggantikan Juliari Batubara.

Kabar ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya Yusuf Lakaseng. Ia mengaku telah mendengar kabar bahwa Risma merupakan salah satu kandidat utama Mensos yang dipertimbangkan Jokowi.

”Saya dapat kabar bahwa Ibu Risma ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju,” kata Yusuf di acara syukuran kemenangan Eri Cahyadi-Armuji di Surabaya, seperti dilansir dari Antara pada Minggu (13/12).


Menurut Yusuf, Risma selama ini telah menunjukkan kinerja yang sangat baik sebagai pemimpin Kota Pahlawan. Bahkan, ia menyebut Risma telah sukses mengubah wajah Surabaya hingga mendunia sehingga jabatan sebagai menteri layak disandangnya.

”Di Surabaya, wali kota bisa langsung meloncat ke menteri, tanpa harus menjadi Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu,” jelas Yusuf. “Ini menunjukkan kalau Surabaya itu kota mendunia.”

Sementara itu dilansir dari Kumparan, sejumlah sumber dari internal PDIP maupun pemerintahan menyebut nama Risma memang muncul menjadi salah satu kandidat Mensos pengganti Juliari. Salah satu alasannya karena kinerja dan pengalaman Risma selama ini dinilai tepat untuk memimpin Kemensos.

Selain itu, Risma juga merupakan Ketua DPP PDIP. Hal ini dinilai semakin cocok untuk menggantikan sosok Juliari Batubara yang juga merupakan kader PDIP.

Meski demikian, Jokowi maupun pihak Istana hingga saat ini masih bungkam terkait siapa yang akan menggantikan posisi Juliari sebagai Mensos maupun Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP. Jadwal mengenai kapan pengganti kedua menteri tersebut juga masih belum diumumkan.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait