9 Kematian Seleb Ini Jadi Yang Paling Mengguncang di Tahun 2020
Instagram/ashrafsinclair/glennfredl
Selebriti

2020 menjadi tahun penuh duka dan kehilangan bagi dunia hiburan Tanah Air. Bahkan, kematian 9 selebriti ini menjadi yang paling mengguncang dan mengagetkan di tahun ini. Siapa saja?

WowKeren - Momen pergantian tahun menuju 2021 tinggal menghitung hari lagi. Sebelum menyambut tahun baru, ada baiknya mengingat kilas balik yang terjadi sepanjang tahun 2020, khususnya di dunia hiburan Tanah Air. Salah satunya adalah mengenang sejumlah selebriti yang telah menghembuskan nafas terakhir di tahun kembar ini.

Tak bisa dipungkiri tahun 2020 memang menjadi tahun yang cukup berat. Selain karena hantaman pandemi virus corona, tahun ini juga diwarnai dengan kabar duka dan penuh kehilangan bagi dunia entertainment Indonesia.


Apalagi, kabar kematian sejumlah selebriti di tahun ini memang sangat mengejutkan dan mendadak. Tak heran, sebagian orang menganggap 2020 sebagai tahun kelabu sehingga tak sabar untuk menyambut tahun baru.

Sebut saja Ashraf Sinclair hingga Glenn Fredly yang harus berpulang lebih awal di tahun 2020 ini dan meninggalkan duka mendalam bagi Indonesia. Dalam kesempatan ini, WowKeren telah merangkum 9 kematian artis yang paling mengguncang sepanjang tahun 2020 ini. Siapa saja? Simak berita selengkapnya di bawah ini.

(wk/lian)

1. Lina Jubaedah


Lina Jubaedah

Tahun 2020 ini dibuka dengan kabar mengagetkan kematian mantan istri Sule sekaligus ibu Rizky Febian, Lina Jubaedah. Lina meninggal dunia secara mendadak pada 4 Januari 2020 dini hari. Lina menghembuskan nafas yang terakhir setelah diduga terkena serangan jantung.

Kabar ini tentunya menjadi meninggalkan duka yang mendalam bagi Sule, Rizky, dan Putri Delina. Saking kagetnya, video Sule dan Rizky yang menangis akibat kehilangan Lina ini langsung banjir simpati dari warganet yang mendoakan agar mereka tetap kuat.

Kematian Lina ini juga memicu kisruh rumah tangga antara keluarga Sule dengan Teddy, yang merupakan suami almarhum. Hingga sekarang, kedua belah pihak masih saling tuduh dengan memperdebatkan harta Lina. Bahkan yang terbaru, nasib anak Lina dengan Teddy, yakni Bintang juga mendapatkan perhatian dari kedua anak Sule karena dinilai tidak terurus.

2. Ria Irawan


Ria Irawan

Selang beberapa hari setelah kematian Lina, dunia hiburan Tanah Air kembali dikejutkan dengan kepergian artis senior Ria Irawan. Wanita dengan nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini meninggal dunia di usia 50 tahun pada 6 Januari 2020.

Peraih Piala Citra di tahun 1988 ini tutup usia setelah dengan gigih berjuang melawan kanker yang telah dideritanya sejak 2009 silam. Kepergian Ria yang terlalu cepat ini menjadi pukulan yang mendalam bagi para sineas hingga rekan-rekan artis di industri perfilman.

Bagaimana tidak, Ria selama ini telah membintangi puluhan karya film sepanjang hidupnya dan memenangkan sejumlah penghargaan. Bahkan, ia juga selalu dikenal pribadi luar biasa yang selalu memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kerabat hingga rekan-rekannya di dunia kerja.

3. Ade Irawan


Ade Irawan

Kepergian Ria Irawan untuk selama-lamanya ternyata dirasakan sangat mendalam oleh sang ibu, Ade Irawan. Kurang dari pekan sejak kematian Ria, Ade meninggal dunia dan menyusul sang putri pada 17 Januari 2020

Kematian ibu dan anak yang sama-sama memberikan sumbangan besar bagi dunia perfilman Indonesia ini dirasa sangat mengguncang oleh publik. Kehilangan ini juga seolah menjadi pukulan besar bagi Dewi Irawan yang merupakan anak Ade.

Artis berusia 57 tahun ini mengaku berusaha menguatkan diri dan menerima setelah telah kehilangan ibu dan saudara perempuannya di waktu yang berdekatan. Ade sendiri menghembuskan nafas yang terakhirnya di usia 82 tahun di Rumah Sakit Fatmawati.

4. Allan Wangsa


Allan Wangsa

Dunia hiburan Tanah Air kembali diselimuti oleh duka di awal Februari. YouTuber sekaligus presenter kondang Allan Wangsa dikabarkan meninggal dunia pada 4 Februari 2020 di usia muda, yakni 32 tahun.

Kepergian pemenang “Big Brother Indonesia” secara mendadak itu langsung dibanjiri ucapan duka dari kerabat dan rekan-rekannya. Selain itu, netter juga merasa terkejut dengan kabar meninggalnya Allan secara mendadak ini. Terlebih, Allan selalu tampil baik-baik saja sehingga dapat menyajikan tayangan yang kocak di kanal YouTube-nya.

Sebelum tenar sebagai presenter dan YouTuber, nama Allan Wangsa pertama mencuat setelah memenangi program reality show ”Big Brother Indonesia” tahun 2011 lalu. Hingga kemudian Allan sendiri dikenal luas karena aksi-aksi gokilnya memparodikan sederet artis Tanah Air melalui kanal YouTubenya yang bernama Space# dengan konsep yang diberi judul "Meja Gunjing".

5. Ashraf Sinclair


Ashraf Sinclair

Kematian mendadak Ashraf Sinclair mungkin menjadi momen yang paling membuat syok masyarakat Indonesia. Suami Bunga Citra Lestari ini menghembuskan nafas yang terakhir pada 18 Februari 2020 di RS Metropolitan Medical Centre (MMC).

Aktor asal Malaysia itu meninggal dunia di usia 40 tahun setelah terkena serangan jantung. Penyebab kematian Ashraf sendiri sangat mengejutkan, mengingat dirinya tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan kerap membagikan potret rajin olahraga di akun media sosialnya secara berkala.

Saking mengejutkannya, proses pemakaman Ashraf itu sampai disiarkan secara live oleh sejumlah televisi nasional. Kepergian Ashraf telah meninggalkan duka mendalam bagi BCL dan anak semata wayangnya, Noah Sinclair.

Kondisi BCL yang sempat terpuruk, kini mulai terlihat bangkit dan menunjukkan ketegarannya di depan publik. Ia bahkan sudah mulai berkarya lagi. Di bulan Juli, ia mengenang mendiang suami dengan merilis single berjudul “12 Tahun Terindah”.

6. Glenn Fredly


Glenn Fredly

Dunia musik Tanah Air telah kehilangan salah satu musisi terbaiknya, yakni Glenn Fredly pada 8 April 2020. Dilarikan ke rumah sakit akibat terkena meningitis, sang istri, Mutia Ayu mengabarkan jika Glenn menghembuskan nafas yang terakhir di usia 44 tahun.

Kematian mantan suami Dewi Sandra ini cukup mengguncang dan membuat kaget warganet Pasalnya, tidak ada yang mengetahui jika pelantun lagu “Terserah” ini menderita sakit dan sempat beberapa kali mendapatkan pengobatan di rumah sakit.

Semakin memilukan, Glenn meninggal setelah dikaruniai putri, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo yang baru lahir pada 28 Februari 2020 lalu. Seperti yang diketahui, ia juga baru saja membangun bahtera rumah tangganya yang kedua bersama dengan Mutia Ayu pada Agustus 2019 lalu.

7. Erwin Prasetya


Erwin Prasetya

Setelah Glenn Fredly, dunia musik Tanah Air kembali dilanda duka. Mantan bassist Dewa 19, Erwin Prasetya dikabarkan meninggal dunia pada 30 April 2020. Ia wafat setelah mengalami pendarahan lambung dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Kematiannya di usia 48 tahun ini telah mengejutkan warganet hingga menjadi trending topic di Twitter. Selain itu, kepergiannya ini juga telah menyisakan duka yang mendalam bagi sang istri, Miranda. Ia juga meninggalkan keempat anak, yakni Jaco Ahmad Prasetya, Salsabila Balqis Prasetya, Amalia Alhamdaniyah Prasetya dan Kaiser Zulkarnain Prasetya.

Erwin sendiri merupakan bassist pertama sekaligus founder Dewa 19. Saat masih bersama Dewa 19, Erwin ikut andil dalam mencipta lagu diantaranya "Kirana", "Restoe Boemi", "Kamulah Satu-satunya" hingga "Sebelum Kau Terlelap". Erwin lantas memutuskan hengkang di 2002. Ia juga sempat berkolaborasi dengan sejumlah band seperti TIC Band dan NuKLA.

8. Didi Kempot


Didi Kempot

Selang satu bulan sesudah kematian Erwin, dunia musik Indonesia lagi-lagi kehilangan salah satu musisi terbaiknya. Sosok penyanyi kondang, Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun pada 5 Mei 2020 di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Jawa Tengah.

Kematian pelantun lagu tenar “Ambyar” ini langsung menjadi trending dan banjir ucapan duka dari masyarakat Indonesia. Sejumlah artis juga turut beramai-ramai mengenang momen pertemuan mereka dengan legenda musik campursari itu. Bahkan, berita kematiannya juga dikabarkan oleh media asing.

Didi Kempot sendiri mulai terjun ke dunia musik pada pertengahan 1980-an sebagai pengamen di jalanan, dari Yogyakarta sampai Jakarta. Dari sana pula, namanya yang semula Didi Prasetyo berubah menjadi “Didi Kempot”. Nama itu merujuk pada singkatan Kelompok Penyanyi Trotorar.

Ia lantas mendedikasikan hidupnya sebagai penyanyi campursari hingga menuai kesuksesan besar. Alasannya memilih campursari pun berasal dari rasa prihatin karena hanya sedikit anak-anak muda yang tertarik akan musik ini.

9. Barli Asmara


Barli Asmara

Berita meninggalnya Barli Asmara secara mendadak telah menjadi kehilangan besar bagi dunia desainer Indonesia. Desainer kondang berusia 42 tahun itu meninggal dunia pada 27 Agustus 2020. Penyebab meninggalnya Barli itu disebutkan karena radang otak akibat terinfeksi virus Toxoplasma.

Sebelum meninggal, Barli sempat melakukan aksi mulia. Ia mengadakan sejumlah kegiatan sosial untuk membantu korban pandemi virus corona. Ia bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan rela menyerahkan sekitar 30 koleksinya untuk lelang agar dapat digunakan untuk membantu sesama.

Barli Asmara sendiri semakin dikenal publik sejak mengisi sebuah acara fashion di salah satu stasiun televisi swasta. Barli juga kerap kali merancang busana untuk dikenakan oleh sejumlah artis Tanah Air ternama. Kepergian sosok berbakat asal Indonesia yang terlalu cepat ini tentunya menjadi kehilangan besar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel