Tenangkan Diri Dan Pikiran, Intip 7 Minuman Anti Stres Dan Peningkat Mood Yang Bisa Kalian Coba
Kuliner

Stres dan gangguan mood yang parah tentu harus diatasi oleh ahlinya, namun sebelum itu enggak adanya mencoba menenangkan diri dengan minuman hangat yang mengandung zat peningkat mood.

WowKeren - Rasa stress dan perubahan mood bisa dialami oleh siapa saja. Tak jarang hal ini datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas sehari. Tak hanya dipengaruhi oleh sekitar, mood seseorang juga bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penelitian telah membuktikan bahwa makan makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan suasana hati orang yang menderita depresi berat.

Hal ini membuktikan bahwa apa yang kamu konsumsi dapat memengaruhi perasaan, tubuh, dan pikiran. Stres dan kecemasan seringkali mengganggu kesehatan fisik dan mental. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, kedua kondisi ini berpotensi mengganggu aktivitas penderitanya.

Stres dan gangguan mood yang parah tentu harus diatasi oleh ahlinya, namun sebelum itu enggak adanya mencoba menenangkan diri dengan minuman hangat. Terkait minuman dan perubahan emosi, ada beberapa rekomendasi minuman yang dapat digunakan untuk memperbaiki bad mood yang berbeda-beda. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 rekomendasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Teh Hijau


Teh Hijau

Minuman satu ini sudah sangat dikenal akan kemampuannya merelaksasi tubuh dan pikiran. Menjadi favorit banyak orang, teh hijau mengandung L-theanine, sebuah asam amino yang mampu meningkatkan gelombang otak alpha. Ini sangat mirip dengan kondisi otak saat melakukan meditasi.

Gelombang otak alpha berhubungan dengan relaksasi, fokus dan ketenangan. Jadi, saat tubuh merasa lelah, mendapatkan secangkir teh hijau hangat akan sangat membantu kalian menendang jauh rasa lelah itu. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi dalam the hijau membantu kalian untuk meningkatkan mood.

2. Air Kelapa


Air Kelapa

Selain segar, air kelapa juga bisa membantu kalian menaikkan mood. Air kelapa merupakan minuman penghilang stres yang kaya akan kandungan elektrolit, vitamin C, magnesium, serat, kalsium, riboflavin, serat pangan dan mangan.

Konsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, membuat otot lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan memperbaiki kualitas tidur.Tak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat dalam air kelapa juga memiliki manfaat untuk tekanan darah dan fungsi jantung.

3. Coklat Panas


Coklat Panas

Bukan rahasia lagi jika coklat menjadi salah satu minuman yang bisa membantu kalian mengelolah stress. Cokelat hitam dapat membantu mengurangi hormon stres yang berkembang di tubuh. Sebuah penelitian dari Swiss yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa makan hanya sedikit cokelat hitam (sekitar 1,4 ons) memiliki kekuatan untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh.

Konsumsi coklat panas juga bisa mengurangi sensasi kecemasan, serta memberi kalian kesempatan yang lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan, ataupun menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana. Selain itu campuran susu dalam minuman ini juga berperan dalam proses produksi serotonin. Serotonin memiliki efek menenangkan dan bisa membantu memperbaiki suasana hati.

4. Air Lemon


Air Lemon

Dehidrasi memang menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan konsentrasi, sehingga mendapatkan cukup air minum akan membantu mengembalikan konsentrasi. Tetapi jika kalian ingin lebih mempertajam konsentrasi, menyediakan secangkir air perasan lemon hangat akan sangat membantu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya dengan aroma lemon, seseorang dapat meningkatkan kinerja pada tugas-tugas yang memerlukan banyak konsentrasi. Selain itu, mengonsumsi lemon memberikan tubuh kalian asupan vitamin C, serta norepinefrin, yaitu jenis neurotransmitter yang mempengaruhi bagian otak yang mengontrol konsentrasi.

5. Teh Jahe


Teh Jahe

Minum teh jahe ampuh menurunkan stres. Bahkan hanya dengan menghirup aroma dari teh jahe, suasana hati bisa segera membaik. Kandungan antioksidan di dalam teh jahe adalah senjata ampuh untuk memperkuat sistem imun. Dengan begitu, tubuh pun bisa kebal terhadap serangan penyakit.

Minuman herbal yang satu ini juga ampuh melancarkan pencernaan dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Kalian juga bisa melancarkan sirkulasi darah adalah dengan minum teh jahe. Secara tidak langsung, asupan oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lebih lancar dan menyehatkan.

6. Teh Kunyit


Teh Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu penyempurna rasa masakan, kunyit ternyata dipercaya dapat memperbaiki ingatan dan suasana hati. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, kurkumin dalam kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang serupa dengan sifat antioksidan.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kurkumin mengalami peningkatan yang signifikan baik dalam memori dan suasana hati. Begitu pula dalam tes ingatan, orang-orang yang memakai kurkumin meningkat 28 persen selama 18 bulan dan juga menunjukkan perbaikan ringan dalam disposisi keseluruhan mereka.

7. Jus Segar


Jus Segar

Seperti yang disinggung sebelumnya, makanan dan minuman sehat bisa mempegaruhi mood. Salah satunya adalah just sayur dan buah segar. Jus buah dan sayuran segar mempunyai beragam kandungan vitamin maupun mineral, yang dapat membantu tubuh mengatasi tekanan dan stres.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam jus juga membantu tubuh untuk melawan atau menyembuhkan kerusakan akibat stres dan kecemasan. Sayur-sayuran hijau yang bisa Anda jadikan jus contohnya kale dan bayam. Sayuran tersebut terbukti dapat meningkatkan energi karena mengandung banyak zat besi. Zat besi akan mengirimkan oksigen ke sel-sel tubuh. Jadi, rasa lelah atau lemas pun menghilang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel