Dicurigai Masyarakat, Menkes Pastikan Jokowi Benar-benar Divaksin COVID-19 Sinovac
Instagram/jokowi
Nasional

Beberapa masyarakat di media sosial diketahui masih meragukan bahwa vaksin yang disuntikkan ke Jokowi adalah Sinovac buatan Tiongkok. Mengenai hal ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut buka suara.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui mendapatkan suntikan vaksin virus corona (COVID-19) Sinovac pada Rabu (13/1) lalu. Hal ini merupakan upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat bahwa vaksin tersebut aman digunakan. Namun sayangnya, masih ada yang tak percaya dan meragukan hal tersebut.

Beberapa masyarakat di media sosial diketahui masih meragukan bahwa vaksin yang disuntikkan ke Jokowi adalah Sinovac buatan Tiongkok. Mengenai hal ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Jokowi benar-benar disuntik dengan vaksin tersebut.

“Saya kan disuntik habis Bapak Presiden, saya lihat sejak masuk. Jadi sama (Sinovac)," ungkap Budi dikutip dari Tempo, Jumat (15/1).

Budi mengatakan memang ada perbedaan warna tutup pada wadah vaksin COVID-19, yakni warna kuning dan warna ungu. Warna ungu merupakan warna tutup sampel vaksin yang diproduksi PT Bio Farma (Persero).


Menurut Budi Gunadi Sadikin, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pernah berfoto dengan vaksin botol ungu ini. Sedangkan warna kuning merupakan tutup botol vaksin yang dibeli langsung dari Sinovac.

Jokowi sendiri sebelumnya menceritakan kesannya sebagai orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 di Indonesia. Menurut Jokowi, dirinya tidak merasakan apa-apa pada saat disuntik. Namun mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku merasa sedikit pegal setelah dua jam pasca disuntik.

"Syukur alhamdulillah pagi tadi sudah terlaksana dan vaksinasi berjalan baik. Ndak terasa apa-apa, waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam, agak pegal dikit. Agak pegal dikit," ungkap Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden. "Saya juga melihat kan, beliau, Prof. Abdul Muthalib agak gemetar sedikit."

Sang Presiden menduga vaksinatornya yang merupakan Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan tersebut grogi hingga sempat gemetar lantaran menyuntikkan vaksin corona pertama di Indonesia. Namun Jokowi memastikan bahwa penyuntikan berjalan lancar tanpa rasa sakit.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru