Rentetan Bencana Alam Hantam Indonesia, Ini Pesan Habib Rizieq Dari Dalam Penjara
Nasional
Gempa Majene Sulbar

Indonesia dihantam bencana alam besar-besaran di sejumlah wilayah. Situasi ini rupanya mendapatkan perhatian dari Habib Rizieq yang beri pesan ini dari balik jeruji besi.

WowKeren - Bencana alam di sejumlah wilayah telah mengguncang Indonesia. Mulai dari gempa bumi, banjir, tanah longsor, hingga erupsi gunung berapi. Situasi ini rupanya mendapatkan perhatian dari Habib Rizieq Shihab yang masih berada di dalam penjara.

Walau berada di balik jeruji besi, mantan imam besar FPI itu ternyata selalu mengikuti perkembangan berita terkini di Tanah Air. Ia kemudian berpesan kepada umat Islam agar membantu korban bencana alam di sejumlah daerah.

Hal ini disampaikan Habib Rizieq melalui kuasa hukumnya, Aziz Yanuar. Rizieq bahkan meminta umat Islam untuk selalu membantu pemerintah dalam melakukan upaya penanganan bencana alam.

”Pesan beliau, bantu seluruh korban bencana apa pun tanpa pandang suku, agama dan ras,” kata Rizieq seperti dilansir dari JPNN di Jakarta, Senin (18/1). “Bantu pemerintah dalam mengatasi bencana ini. Mari bahu-membahu untuk persaudaraan Indonesia.”

Seperti diketahui, Indonesia memang tengah dilanda krisis akibat pandemi virus corona. Belum selesai pandemi, sejumlah bencana alam telah menghantam Indonesia di awal tahun 2021 ini.


Pertama adalah gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa ini telah menewaskan lebih dari 81 orang hingga Minggu (17/1).

Gempa bumi tersebut juga sempat diperingatkan BMKG berpotensi memicu terjadinya tsunami. Kemudian bencana banjir bandang di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah dilaporkan telah menewaskan 15 orang dan membuat 100 ribu warga mengungsi.

Curah hujan yang tinggi juga telah menyebabkan bencana longsor di Sumedang, Jawa Barat yang menewaskan 25 orang. Longsor ini tercatat membuat 29 rumah mengalami kerusakan dan 1.020 warga mengungsi hingga Sabtu (16/1).

Gelombang air laut tinggi juga sempat menerjang Manado pada Minggu (17/1) sore hingga membuat warga setempat panik. BMKG menyebut gelombang air tinggi ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang mencapai 30-60 km per jam. Manado sendiri juga tengah dihadapkan dengan bencana banjir-longsor.

Bencana alam di Indonesia pada tahun 2021 ini juga dilengkapi dengan meletusnya Gunung Semeru, Jawa Timur pada Sabtu (16/1). Selain Semeru, kondisi Gunung Merapi juga terpantau semakin mengkhawatirkan setelah terus mengeluarkan lahar dan awan panas hingga saat ini.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts