'Wonogiri' Jadi Trending Usai Muncul Puting Beliung Masif di Gajah Mungkur, BPBD Beri Penjelasan
Nasional

Fenomena angin puting beliung dengan ukuran sangat besar terjadi di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jateng pada Rabu (20/1) sore hari. Beruntung tidak ada korban jiwa yang timbul atas peristiwa ini.

WowKeren - Cuaca ekstrem memang tengah terjadi di beberapa wilayah Indonesia beberapa waktu belakangan. Salah satunya terbentuknya angin puting beliung dengan ukuran masif di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah yang sampai menjadikan sejumlah kata kunci terkait trending topic Indonesia.

Dipantau pada Rabu (20/1) malam, "Wonogiri" menjadi trending topic Indonesia yang diramaikan dengan unggahan video fenomena alam tersebut. Tak main-main, ukuran angin puting beliung yang terbentuk luar biasa besar, membuat ngeri sekaligus penasaran sejumlah warga setempat.

\'Wonogiri\' Jadi Trending Usai Muncul Puting Beliung Masif di Gajah Mungkur, BPBD Beri Penjelasan

Twitter

Fenomena alam yang terjadi ini pun turut dikomentari oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri. Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, membenarkan soal peristiwa yang terjadi pada Rabu (20/1) sekitar pukul 15.30 WIB.


"Kejadian itu memang betul. Saya mengecek di teman-teman relawan," terang Bambang, dilansir dari Kompas. "Persisnya di tengah waduk, mengarah ke barat, kemudian sebelum sampai wilayah pemukiman, dia (puting beliung) kembali ke selatan."

Bersyukurnya, angin puting beliung yang bisa sangat destruktif itu sudah reda. Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan harta benda maupun korban jiwa dari masyarakat atas fenomena alam tersebut.

"Alhamdulillah sudah reda. Enggak ada (kerusakan), kebetulan enggak sampai merusak karamba juga," pungkas Bambang.

Berdasarkan kesaksian beberapa warganet yang mengaku tinggal di sekitar wilayah, peristiwa semacam ini merupakan yang pertama kali terjadi. "Setau saya baru kali ini kak setelah sekian tahun. Dan pusarannya benar2 besar bahkan hampir menerpa pemukiman warga tadi. Alhamdulillah Allah masih memberi perlindungan kepada kami," cuit @she***an.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts