Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Janjikan Pengurusan SIM-STNK Pakai Sistem Delivery
Nasional
Calon Kapolri Baru

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjanjikan konsep transformasi Polri 4.0 salah satunya dengan manfaatkan teknologi informasi untuk mengurus surat-surat penting seperti STNK, SIM, dan SKCK.

WowKeren - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjanjikan konsep transformasi Polri 4.0. Hal ini disampaikannya ketika menjalani fit and proper test alias uji kepatutan bersama Komisi III DPR RI pada Rabu (20/1) kemarin.

Transformasi ini menitikberatkan pada pemanfaatan teknologi Polri untuk melayani masyarakat. Listyo berkeinginan agar masyarakat tak perlu datang ke kantor polisi untuk mengurus surat-surat penting seperti STNK, SIM, dan SKCK.

"Tadi kami sampaikan ke depan khususnya pelayanan yang terkait dengan hal-hal yang memang kita kelola, STNK, SIM, SKCK, dan surat tilang, kami akan manfaatkan teknologi informasi," kata Sigit. "Jadi masyarakat tidak perlu datang, tapi dari aplikasi yang disiapkan, dari aplikasi masyarakat bisa mengurus perpanjangan SIM dan STNK."


Surat tersebut tetap akan berbentuk fisik. Tetapi polisi bisa memberikan layanan pengiriman dengan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait.

"Nanti ada mekanisme delivery system agar bisa disampaikan ke masyarakat, tentu kerja sama dengan kementerian lembaga yang lain dari PT Pos dan sebagainya, itu bisa dimasukkan tarif masuk negara, seperti itu," terangnya.

Sebelumnya, Listyo juga menuturkan rencananya untuk memperbaiki layanan darurat masyarakat. Ia akan menerapkan nomor tunggal untuk nomor darurat kepolisian secara nasional. Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi dapat direspons dengan cepat.

"Upaya mempermudah akses masyarakat dan mempercepat respons Polri ketika dibutuhkan masyarakat," tutur Listyo. "Maka akan kita lakukan penataan kembali layanan darurat atau hotline kepolisian dengan memberlakukan nomor tunggal secara nasional."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts