Jokowi Isyaratkan Lampu Hijau Vaksinasi COVID-19 Mandiri Untuk Pengusaha
Nasional
Vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo mengakui bahwa pemerintah tengah membuka opsi vaksinasi COVID-19 mandiri seperti yang diajukan oleh para pengusahan. Namun, wacana tersebut masih memerlukan pertimbangan matang.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengakui bahwa pemerintah tengah membuka opsi vaksinasi COVID-19 mandiri. Adapun jika wacana ini direalisasikan maka vaksin yang digunakan pun akan berbeda dengan yang digratiskan oleh pemerintah.

"Mungkin (vaksinasi mandiri) bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, tempat untuk melakukan vaksin juga berbeda bisa dilakukan," kata Jokowi di acara Kompas 100 CEO Forum, Kamis (21/1).

Seperti yang diketahui, wacana vaksinasi mandiri muncul atas usulan para pengusaha di Tanah Air. Melalui mekanisme tersebut, biaya vaksinasi akan ditanggung oleh perusahaan.

Pemerintah, kata Jokowi, tentunya menyambut baik hal ini lantaran dinilai dapat mempercepat penanganan pandemi COVID-19. Namun demikian, wacana tersebut hingga saat ini belum diputuskan oleh pemerintah.


"Banyak dari perusahaan, para pengusaha menyampaikan, Pak bisa enggak kita vaksin mandiri. Ini yang baru kita akan putuskan," ujarnya. "Sekali lagi harus kita kelola isu ini dengan baik."

Jokowi sendiri optimis jika vaksinas COVID-19 di Tanah Air bisa selesai kurang dari setahun. Pasalnya, Indonesia memiliki 10 ribu rumah sakit dan 30 ribu vaksinator yang siap bertugas.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sudah menemui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membahas masalah vaksinasi mandiri. "Ada wacana yang belum menjadi keputusan, walaupun di Keppres ada, (vaksinasi) mandiri dimungkinkan," ungkap Erick saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Rabu (20/1).

Lebih lanjut, Erick menjelaskan bahwa dari hasil pertemuan itu terungkap program vaksinasi mandiri diperbolehkan dengan ketentuan tertentu. Termasuk jika jenis dan dan merk vaksin yang diberikan berbeda dengan yang gratis.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts