Sulawesi Utara Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Berpotensi Tsunami?
Nasional
Gempa 7 SR Guncang Sulut

BMKG mencatat terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 7,1 di Sulawesi Utara pada Kamis (21/1) sekitar pukul 19.23 WIB. Dengan magnitudo sebesar itu, apakah gempa berpotensi tsunami?

WowKeren - Indonesia memang tengah diguncang dengan sejumlah bencana alam. Yang terbaru, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi adanya gempa dengan magnitudo 7,1 yang mengguncang daerah Sulawesi Utara.

Gempa bumi ini terjadi pada Kamis (21/1) pukul 19.23 WIB (20.23 WITA). Lantas dengan magnitudo getaran yang sampai sebesar itu, apakah gempanya berpotensi menimbulkan tsunami?

Dalam pernyataan BMKG, disebutkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Diungkap pula oleh BMKG bahwa pusat gempa berada di kedalaman 154 km, dengan jarak sekitar 134 km timur laut Melonguane, Sulut.

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Berpotensi Tsunami?

Twitter/infoBMKG


"#Gempa Mag:7.1, 21/01/2021 19:23:07 (Pusat gempa di laut 134 km Timur Laut MELONGUANE), Kedalaman:154 Km," cuit BMKG. "Dirasakan (MMI) IV Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, II-III Galela, #BMKG."

Lantaran magnitudo yang begitu besar meski kedalamannya pun jauh, gempa bumi ini rupanya terasa hingga ke sejumlah daerah sekitar. "Iya kak, ku di manado juga kerasa bnget dan lumayan lama jga gempanya," cuit @ilo***82. "Berasa banget gempanya ,padahal tinggalnya bukan di pusat terjadi gempa. Semoga semua baikĀ² aja," imbuh @Lai***ua.

Di sisi lain, Indonesia memang sejatinya sudah "akrab" dengan fenomena alam. Namun pekan lalu Indonesia, tepatnya juga di Sulawesi, baru saja diguncang dengan gempa bumi yang begitu luar biasa hingga mengakibatkan hampir 90 orang meninggal dunia.

Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 tersebut terjadi di Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) dini hari. Sementara itu, selang beberapa hari kemudian, Sulut sendiri juga dibuat geger dengan beberapa kejadian mulai dari banjir hingga terjangan gelombang pasang tinggi bak tsunami kecil yang sampai masuk ke wilayah pertokoan.

Bergeser ke wilayah lain di Indonesia, Kalimantan Selatan pun kini tengah berhadapan dengan banjir besar yang konon tak pernah terjadi dalam 50 tahun. Presiden Joko Widodo sendiri menyebut banjir itu terjadi akibat curah hujan yang luar biasa tinggi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts