Pemerintah Larang WNA Masuk, Ratusan Warga Tiongkok Justru Mendarat di Bandara Soetta
Nasional

Di tengah pelarangan WNA memasuki wilayah Indonesia, ratusan warga Tiongkok justru mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (23/1) lalu. Simak penjelasan imigrasi terkait hal ini.

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah memperpanjang larangan masuk bagi warga negara asing (WNA) hingga 8 Februari mendatang. Kebijakan ini diberlakukan untuk mengendalikan wabah virus Corona yang mengalami peningkatan signifikan setelah libur Natal dan tahun baru.

Meski keputusan telah dibuat, ratusan warga negara Tiongkok dilaporkan telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Sabtu (23/1) lalu. Hal ini dikonfirmasi oleh Ahmad Nursaleh selaku Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham.

Ahmad menuturkan warga Tiongkok tersebut berstatus sebagai TKA (tenaga kerja asing) yang memiliki izin untuk memasuki wilayah Indonesia. Dari 153 WNA, 150 di antaranya telah memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP). Sedangkan tiga orang yang lain mengantongi visa diplomatik.

"Pada Sabtu 24 Januari 2021 (seharusnya 23 Januari 2021) telah mendarat mendarat pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan 18 WNI," tutur Ahmad seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Senin (25/1).


"Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi COVID-19," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa setiap penumpang dalam pesawat tersebut langsung menjalani pemeriksaan kesehatan serta kelengkapan dokumen keimigrasian. Ahmad juga menerangkan bahwa mereka menggunakan pakaian hazmat saat berada di area bandara.

Setelah semua proses selesai, mereka akan diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di tempat yang sudah dipersiapkan. "Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan COVID-19 menuju tempat karantina," pungkas Ahmad.

Sementara itu, media sosial sempat dihebohkan dengan foto-foto TKA Tiongkok yang hendak menaiki bus dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Dari foto-foto yang beredar, mereka terlihat menggunakan pakaian hazmat dan masker khusus untuk mencegah penularan virus Corona di area tersebut.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts