Sudah Ditangkap, Terungkap Alasan Tak Terduga Pencuri Hand Sanitizer di TransJakarta
Nasional

Penumpang yang mencuri hand sanitizer dari bus TransJakarta pekan lalu akhirnya ditangkap pada Minggu (24/1). Lantas apa motivasinya melakukan aksi tersebut?

WowKeren - Beberapa waktu lalu media sosial dibuat gempar dengan aksi seorang pria yang mencuri hand sanitizer di bus Mayasari yang beroperasi di rute Ragunan-Halimun (Koridor 6), Rabu (20/1) lalu. Dan kekinian, sang pelaku rupanya sudah berhasil ditangkap oleh petugas TransJakarta.

Adalah Fikri Afif (PLH) dan Joko S (DKO) yang bertugas di rute Blok M - Kota (Koridor 1) yang berhasil menangkap sang pencuri pada Minggu (24/1) kemarin. Sosok sang pencuri berhasil ditangkap usai Fikri melihat seorang pelanggan TransJakarta yang yang menyerupai pelaku yang viral tersebut, sedang menunggu armada bus di Halte Polda menuju Blok M, Jakarta Selatan.

Sang pelanggan yang dilihat Fikri mengenakan setelan baju berwarna oranye, tas hitam, serta topi merah. Pakaian itu rupanya sama persis seperti saat ia mencuri hand sanitizer dari armada bus sebelumnya. Fikri pun kemudian melaporkan sang terduga pelaku kepada Joko untuk ditindaklanjuti.

"Petugas DKO kami yang sedang berjaga dengan sigap langsung menangkap pelaku di penurunan Halte Blok M," tutur Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Sardjono Jhony Tjitrokusumo, dalam siaran persnya. "Tentunya TransJakarta sangat mengapresiasi kesigapan kedua petugas kami tersebut."


Usai diamankan, petugas pun menanyai motif pria tersebut nekat mencuri sebotol hand sanitizer dari dalam armada bus. Rupanya ia mencuri cairan antiseptik itu demi mengobati kakinya yang sakit.

Namun petugas pun tetap melakukan prosedur investigasi hingga akhirnya diputuskan untuk menyelesaikan masalah ini dengan kekeluargaan. "Pelaku sudah membuat surat pernyataan resmi terkait kesalahannya. Selanjutnya sebagai efek jera, turut diberikan sanksi," beber Jhony, dilansir dari Kompas, Senin (25/1).

Ke depannya pun, Jhony memastikan TransJakarta akan menambah petugas keamanan secara mobile, baik di halte maupun di bus. "Kami juga mengajak masyarakat khususnya pelanggan TransJakarta untuk turut berpartisipasi dalam menjaga fasilitas publik demi kepentingan bersama," pungkas Jhony.

Sebelumnya beredar potongan rekaman saat seorang penumpang bus TransJakarta mencuri hand sanitizer. Klip video itu pun diunggah di media sosial dan menjadi viral.

Pencuri itu tampak mengenakan kaus oranye, masker hitam, topi merah, dan membawa tas hitam. Dalam rekaman tersebut terlihat pencuri itu langsung menuju tiang tempat hand sanitizer berada, mengambil botolnya, dan memasukkannya ke dalam tas hitam yang dibawa.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru