Diduga Bertindak Rasis kepada Natalius Pigai, Ketua Relawan Pro Jokowi-Amin Dipolisikan
Nasional

Politisi Partai Hanura sekaligus Ketua Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin), Ambroncius Nababan dilaporkan ke Polda Papua Barat oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Sius Dowansiba.

WowKeren - Politisi Partai Hanura sekaligus Ketua Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin), Ambroncius Nababan, dipolisikan atas dugaan tindakan rasialisme terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Dalam tangkapan layar yang diunggah Pigai, akun Facebook atas nama "Ambroncius Nababan" menyandingkan foto Pigai dengan gorila.

"Edodoeee pace. Vaksin ko bukan sinovac pace tapi ko pu sodara bilang vaksin rabies," tulis akun Facebook Ambroncius dalam tangkapan layar tersebut. "Sa setuju pace."

Adapun Ambroncius dilaporkan ke Polda Papua Barat oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Sius Dowansiba. "Laporan ini dibuat pada Senin (25/1) sekitar pukul 13.46 WIT di SPKT Polda Papua Barat," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, Kombes Adam Erwindi, dalam keterangan resmi.

Menurut Adam, laporan dugaan rasialisme ini telah dikoordinasikan dengan Direktur Kriminal Khusus Kombes Romylus Tamtelahitu. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan tim unit siber Bareskrim Polri.


"Seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab," tuturnya. "Dan menyerahkan sepenuhnya perkara ini ditangani oleh pihak berwajib."

Selain membuat laporan, tutur Adam, anggota KNPI juga meminta bertemu dengan pejabat Polda Papua. Menurut Adam, KNPI mengecam keras dugaan sikap rasialme yang dilakukan oleh Ambroncius dan meminta pihak kepolisian untuk bertindak tegas mengatasi persoalan tersebut. "Memberi tenggang waktu sekitar dua pekan terhitung dari tanggal pembuatan LP," ungkap Adam.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Hanura I Gede Pasek Suadika mengakui bahwa Ambroncius merupakan kader partainya. Namun Pasek menyebut Ambroncius jarang beraktivitas di Hanura dalam setahun terakhir dan kini sibuk di Projamin.

"Selama saya menjadi Sekjen, selama setahun ini tidak pernah melihat aktivitas beliau di Hanura," keta Pasek dilansir CNN Indonesia pada Senin (25/1). "Beliau sekarang lebih banyak aktif di ormas Projamin sebagai Ketua Umum."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru