Pelaksanaannya Diundur, AN 2021 Bakal Jadi Dasar Untuk Mengukur Kualitas Pendidikan
Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan jika Asesmen Nasional (AN) 2021 akan menjadi patokan penilaian dasar untuk mengukur mutu pendidikan di Indonesia.

WowKeren - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengganti program Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN). AN pun rencananya bakal digelar pertama kali pada tahun 2021 ini.

Disebutkan jika AN 2021 ini akan menjadi patokan penilaian dasar untuk mengukur mutu pendidikan Indonesia. Hasil AN 2021 digunakan untuk melihat grafik perkembangan mutu pendidikan Indonesia dari tahun ke tahun.

"Asesmen nasional jadi ini 2021 tahun pertama adalah base line. Jadi nanti kita ingin melihat sebenarnya dengan kita sudah memperoleh informasi dari 2021," terang Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud, Asrijanty dalam Webinar Kupas Tuntas Asesmen Nasionl, Selasa (26/1).

Artinya, AN 2021 menjadi awal dari langkah menuju perkembangan dunia pendidikan Indonesia ke depan. Hasil AN 2021 itu nantinya diberikan kepada satuan pendidikan. "Dan kemudian kira-kira apa yang bisa diperbaiki. Jadi fungsinya, AN ini nanti akan lebih pada pemetaan mutu," sambungnya.


Karena itu, AN bukan diujikan pada siswa jenjang akhir. Melainkan siswa di kelas 5, 8 dan 11. Dan itupun hanya sampel atau tidak keseluruhan siswa. "Jadi tidak ada implikasinya. Jadi siswa ini adalah representasi dari satuan pendidikan. Ini implikasinya juga orang tua tidak perlu terlalu khawatir," terangnya.

Dengan hasil AN 2021 itu nantinya akan ada umpan balik kepada sekolah, kepada dinas pendidikan, kemendikbud, dan Kemenag. Sehingga diketahui pula apa yang dapat dilakukan dalam rentang satu tahun agar memperbaiki hasil AN 2022. "Intinya adalah tujuan akhir kita adalah membangun menyiapkan siswa yang berkualitas, yang mempunyai karakter, dan kemudian kompetensi yang relevan sesuai dengan zamannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim telah mengumumkan diundurnya pelaksanaan AN 2021 menjadi September hingga Oktober 2021. Keputusan tersebut diambil menyusul meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia.

"Karena ada situasi pandemi yang relatif meningkat, Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan asesmen nasional," terang Nadiem yang hadir dalam Rapat Kerja Bersama Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (20/1). "Dan target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru