Satgas Ungkap Hal Mengejutkan yang Bikin 4 Daerah di Papua dan Papua Barat Nihil COVID-19
Nasional

Keempat daerah tersebut yang dinyatakan tidak terdampak atau bebas virus corona itu adalah Kabupaten Puncak Jaya, Dogiyai, dan Intan Jaya di Papua, lalu Pergunungan Arfak di Papua Barat.

WowKeren - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat hingga kini setidaknya ada empat daerah di Papua dan Papua Barat yang tidak terdampak atau bebas virus corona. Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Puncak Jaya, Dogiyai, dan Intan Jaya di Papua, lalu Pergunungan Arfak di Papua Barat.

Selain itu, sebanyak enam daerah di Papua juga tidak lagi mencatat penyebaran kasus corona. Yaitu Marauke, Puncak Jaya, Yahukimo, Tolikara, Waropen, dan Mamberamo Raya.

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, lantas mengungkapkan alasan mengejutkan di balik nihil kasus corona di empat daerah Papua dan Papua Barat tersebut. Wiku menilai hal tersebut disebabkan oleh tes corona yang belum memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Provinsi Papua dan Papua Barat memang belum memenuhi standar WHO dari segi testing," ungkao Wiku dilansir CNN Indonesia pada Rabu (27/1). Sebagai informasi, standar tes COVID-19 sesuai ketentuan WHO adalah 1/1000 dari jumlah penduduk per Minggu.


Lebih lanjut, Wiku menjelaskan bahwa keempat wilayah di Papua dan Papua Barat yang dinyatakan bebas COVID-19 itu secara umum bukan bukan perkotaan dengan jumlah penduduk banyak dan tingkat mobilitas tinggi. Sehingga hal itu juga mempengaruhi rendahnya atau bahkan ketiadaan kasus di sana.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari laman covid19.papua.go.id, jumlah spesimen yang diperiksa per 25 Januari pukul 19.00 WIT mencapai 87.904. Sedangkan jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Papua per Senin (25/1) lalu mencapai 11.481 pasien, dengan 8.775 pasien sudah dinyatakan sembuh dan 196 orang dilaporkan meninggal dunia.

Kemudian melansir dinkes.papuabaratprov.go.id, total orang yang telah menjalani tes corona di Papua Barat mencapai 32.730 orang per Selasa (26/1) kemarin. Sebanyak 6.584 orang telah dinyatakan positif terpapar COVID-19, 5.909 pasien di antaranya dinyatakan telah sembuh dan 107 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Di sisi lain, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting mengungkapkan bahwa keempat daerah di Papua dan Papua Barat yang disebut nihil corona itu hanya melakukan rapid test. Sedangkan tes PCR hanya ada di provinsi.

"Testing PCR enggak, tapi rapid test dilakukan. Tapi dia kalau misalkan positif kan sudah pasti bisa menunjukkan positif," jelas Alexander dilansir CNN Indonesia. Menurut Alexander, nihil kasus di keempat daerah itu merujuk pada laporan hasil pantauan Puskesmas, RS, klinik swasta atau pemerintah.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait